Kamis, 18 April 2024

MPR Dorong Pemerintah Gencarkan Lagi Gerakan Kewirausahaan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Syariefudin Hasan Wakil Ketua MPR RI. Foto: Istimewa

Syariefuddin Hasan Wakil Ketua MPR RI meminta pemerintah kembali mengkampanyekan gerakan kewirausahaan secara masif di berbagai lapisan masyarakat.

Kata Syarief, kampanye kewirausahaan perlu dilakukan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi nasional yang berkualitas, di tengah krisis akibat pandemi Covid-19.

“Harusnya kewirausahaan itu dikampanyekan oleh berbagai kementerian, bukan cuma satu kementerian saja,” ujarnya di Bogor, Jawa Barat, Senin (14/12/2020).

Syarief menjelaskan, pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kementerian Koperasi dan UKM dan beberapa kementerian sudah mencanangkan Gerakan Kewirausahaan Nasional.

Tapi, politisi Partai Demokrat itu menilai dalam lima tahun belakangan, tidak ada lagi kampanye masif.yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan sektor wirausaha.

“Jadi saya mendorong supaya dimaksimalkan gerakan itu, karena dapat dipastikan menciptakan pekerjaan dan ekonomi akan tetap tumbuh,” imbuhnya.

Syarief menambahkan, pelaku usaha kecil dan menengah sekarang sudah lebih gampang seiring semakin canggihnya teknologi.

Dengan memanfaatkan teknologi, pemasaran suaru produk jadi lebih mudah dan bisa menjangkau berbagai daerah, baik dalam mau pun luar negeri.

“Di era digital sekarang, mencari konsumen tidak begitu susah. Konsumen bisa tau kita di mana, produknya apa,” kata mantan Menteri Koperasi dan UKM itu.

Syarief yakin, walau pun kondisi Indonesia sedang dihantam pandemi, tingkat konsumsi masyarakat masih cukup tinggi di sebagian kalangan.

“Ada segmen yang akan tetap membeli produk yang diinginkan, dia sulit menurunkan seleranya dan akan terus belanja. Jadi, itu adalah demand bagi UMKM untuk menciptakan produk yang diinginkan konsumen,” pungkasnya. (rid/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
31o
Kurs