Kamis, 28 Maret 2024

Bertemu Menteri Pariwisata Arab Saudi, Menparekraf Bahas Investasi Pariwisata

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sandiaga Uno bertemu Menteri Pariwisata Arab Saudi di London, Senin (7/11/2022). Foto: Kemenparekraf

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga bertemu Ahmed Al Khatiev Menteri Pariwisata Arab Saudi di sela-sela kegiatan bursa pariwisata World Travel Market (WTM) 2022 di London, Senin (7/11/2022).

Dalam kesempatan itu keduanya bicara berbagai hal terkait pengembangan pariwisata dan saling bertukar pikiran membahas soal transformasi pariwisata di masing-masing negara, sekaligus menandatangani MoU terkait kolaborasi pariwisata kedua negara. Keduanya juga sepakat untuk saling berkolaborasi demi terciptanya lapangan kerja.

“Di sela-sela World Travel Market saya mendapat kesempatan untuk bertukar pikiran dengan Menteri Pariwisata dari Saudi Arabia yang menceritakan tentang transformasi pariwisata di Saudi, yang bisa dikolaborasikan dengan Indonesia terutama berkaitan dengan banyaknya para jemaah umrah yang diharapkan juga bisa memicu kerja sama dari segi peluang-peluang ekonomi kreatif kita, khususnya di beberapa kota besar di Saudi,” ujar Sandiaga di ExCeL London, Inggris, dalam keterangan resmi di laman Kemenparekraf.

Peluang-peluang tersebut, di antaranya di subsektor ekonomi kreatif yakni kuliner hingga fesyen.

Selain itu, ucap Sandiaga, bersama dengan Menteri Ahmed turut membahas ketertarikan Arab Saudi untuk berinvestasi di bidang infrastruktur. Di antaranya soal proyek kereta gantung di jalur Puncak, Jawa Barat, yang diharapkan dapat mengurai kemacetan karena tingginya minat masyarakat untuk menghabiskan liburan di sana.

“Kita membicarakan kereta gantung yang akan menghubungkan beberapa destinasi wisata di Puncak dan destinasi lainnya, maupun juga undangan beliau untuk meninjau global academy untuk pariwisata yang akan didirikan di Riyadh,” ucap Sandiaga.

Sandiaga memaparkan, saat ini kedua negara memiliki fokus utama kerja sama di bidang sustainable tourism atau konsep wisata berkelanjutan. Untuk menindaklanjuti pertemuan di London, Sandiaga dijadwalkan akan menyambangi Arab Saudi.

“Nanti menjadi titik awal dari kerja sama Saudi dengan Indonesia di sektor parekraf secara berkelanjutan dalam jangka waktu menengah, 5-10 tahun ke depan harapannya tentu penciptaan peluang usaha, ekonomi yang lebih baik, dan terbukanya lapangan kerja yang sangat dibutuhkan di beberapa destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.

Di kesempatan tersebut, Menteri Ahmed juga mengundang Menparekraf Sandiaga untuk hadir Global World Travel and Tourism Council (WTTC) ke-22 yang akan digelar di Riyadh akhir bulan ini.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs