Kamis, 25 April 2024

Khofifah Ajak BUMD Maksimalkan Potensi dan Aset untuk Tingkatkan PAD Jatim

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur saat rapat koordinasi BUMD dalam peningkatan PAD. Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengajak seluruh jajaran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk mengoptimalkan peran dan kontribusi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Jawa Timur.

Untuk itu, Pemprov Jatim mengumpulkan seluruh jajaran BUMD dalam Rapat Koordinasi bertajuk Optimalisasi Peran BUMD dalam Peningkatan PAD.

Dalam rapat tersebut, Khofifah mengatakan jika ada permasalahan dalam perusahaan maka harus dicari solusinya sesegera mungkin agar pengembangan usaha tidak terkendala.

“Kejelian dalam menemukan potensi menjadi kebutuhan yang sangat penting. Secara khusus saya ingin menyampaikan, BUMD di Jatim tak boleh berhenti berinovasi dan berkreasi,” kata Khofifah, sesuai keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (5/8/2022).

Tidak hanya itu, disampaikan Khofifah, saat ini BUMD di bawah naungan Pemprov Jatim dituntut untuk terus menguatkan koneksi dan jejaring.

Menurutnya, hari ini tidak bisa satu instansi bekerja sendiri. Melainkan harus berkolaborasi dan menguatkan bangunan jejaring lintas elemen agar tujuan yang ingin dicapai bisa semakin mudah dan cepat.

“BUMD harus proaktif dalam menginisiasi kolaborasi. Baik dengan pemerintah daerah, dengan BUMN, maupun BUMS,” tegasnya.

Matan Menteri Sosial RI itu kembali menegaskan, bahwa yang terpenting dalam pengembangan usaha adalah mengedepankan fungsi pelayanan.

“Jadi jangan hanya profit oriented, pelayanan publik tetap jadi prioritas. Keduanya seimbang,” imbuhnya.

Dengan adanya Rapat Koordinasi ini, Gubernur Jatim berharap agar para pengurus BUMD dapat memperoleh wawasan terkait langkah-langkah optimalisasi peran dalam peningkatan PAD.

Sekedar diketahui, Rakor tersebut juga lengkap dihadiri oleh para komisaris, direksi, pemimpin divisi, pimpinan cabang BUMD, serta para direksi anak perusahaan BUMD.

“Mari berinovasi bersama, agar PAD kita bisa semakin meningkat, sehingga upaya percepatan penyejahteraan warga masyarakat Jatim bisa lebih meningkat,” pungkas Khofifah.(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs