Jumat, 26 April 2024

Menparekraf Resmikan Taman Rekreasi di Nganjuk yang Lima Tahun Vakum

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat berada di taman rekreasi 'The Carnival', Kabupaten Nganjuk, Sabtu (8/10/2022). Foto: Antara

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meresmikan taman kreasi ‘The Carnival’ di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, yang memiliki luas 1,2 hektare dan dapat menampung seribu pengunjung per hari.

Mengutip Antara, The Carnival saat ini sudah menghadirkan delapan wahana atraksi, namun jumlah ini akan bertambah menjadi 18 wahana.

“Saya sangat mendukung HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) dan Disporabudpar (Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata) Kabupaten Nganjuk yang menghidupkan kembali wisata buatan Taman Rekreasi Anjuk Ladang. Sudah lima tahun terakhir vakum dan hari ini berubah wajah dengan nama The Carnival,” kata Menparekraf di Nganjuk lewat keterangan resmi di Jakarta hari ini, Minggu (9/10/2022).

Dalam upaya Sandiaga bersama para pemangku kepentingan The Carnival, ia mengharapkan dapat memberikan peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat setempat, serta mengakseleresi kepulihan dan kebangkitan ekonomi.

“Ini menjadi rangkaian kepulihan kita yang lebih cepat dan kebangkitan kita yang lebih kuat. Dengan target untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor parekraf (pariwisata dan ekonomu kreatif) pada 2024,” ujarnya.

Sandiaga juga harus mempertimbangkan beberapa hal yang menjadi perhatian lebih berkenaan dengan pariwisata di Kabupaten Nganjuk antara lain faktor 3A (atraksi, aksesbilitas, dan amenitas). Selain itu, peningkatan event (acara) berskala nasional harus dihadirkan untuk menarik banyak wisatawan.

Ia mengaku pihaknya siap berkolaborasi dalam memajukan sektor parekraf di Kabupaten Nganjuk yang dikenal sebagai kabupaten 1001 air terjun.

Menimbang Nganjuk memiliki banyak air terjun, Sandiaga meminta aksesbilitas akses menuju ke tempat-tempat wisata diperbaiki.

Ia juga akan mengembangkan pariwisata melalui homestay dengan harga terjangkau, tempat nyaman, aman, dan menyenangkan.

Selain meresmikan taman rekreasi, Menparekraf juga turut menyemarakkan HIPMI Fest 2022 yang bertepatan di The Carnival Nganjuk.

HIPMI Fest 2022 menghadirkan beragam rangkaian kegiatan menarik yaitu bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), turnamen E-sport, seminar ekonomi kreatif, pentas kesenian asli Nganjuk, lomba mewarnai, hingga live performance. (tik/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs