Jumat, 29 Maret 2024

Saham Asia Jatuh, Investor Mengukur Kebijakan Pembukaan Kembali China

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi: Seorang pria mengenakan masker wajah pelindung Covid-19 berdiri di depan papan listrik yang menunjukkan Nikkei (atas di C) dan indeks saham negara lain di luar broker di distrik bisnis di Tokyo, Jepang. Foto: Reuters

Saham-saham Asia melemah pada awal perdagangan Rabu (28/12/2022) pagi, sementara dolar menguat dengan investor mencari arah setelah China mengambil langkah lebih lanjut untuk membuka kembali ekonominya yang terpukul Covid.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang turun 0,13 persen, menghentikan kenaikan beruntun dua hari dan tampaknya akan mengakhiri bulan terakhir tahun ini di posisi merah.

Dilansir Antara, Nikkei Jepang dibuka 0,5 persen lebih rendah, sementara Indeks S&P/ASX 200 Australia kehilangan 0,43 persen.

Saham China dibuka sedikit lebih rendah, sementara pasar saham Hong Kong dibuka 1,0 persen lebih tinggi, didorong oleh pengumuman China pada Senin (26/12/2022) bahwa mereka akan berhenti mewajibkan pelancong masuk untuk melakukan karantina mulai 8 Januari.

Puncak infeksi yang lebih cepat dari yang diantisipasi telah memicu ekspektasi bahwa pemulihan ekonomi yang cepat akan segera terjadi.

Wall Street berakhir lebih rendah semalam karena imbal hasil obligasi pemerintah AS menekan saham-saham pertumbuhan yang sensitif terhadap suku bunga.

Investor telah mencoba untuk mengukur seberapa tinggi Federal Reserve (Fed) perlu menaikkan suku bunga ketika memperketat kebijakan dalam pertempuran berkelanjutan melawan inflasi sambil juga berusaha menghindari kemiringan ekonomi ke dalam resesi.

Imbal hasil pada obligasi Pemerintah AS 10-tahun turun 0,9 basis poin di 3,849 persen, melayang di sekitar level tertinggi lima minggu di 3,862 persen yang disentuh di sesi sebelumnya.

Imbal hasil pada obligasi Pemerintah AS 30-tahun turun 2,3 basis poin menjadi 3,920 persen, sedangkan imbal hasil obligasi pemerintah AS dua tahun, yang biasanya bergerak sejalan dengan ekspektasi suku bunga, turun 1,9 basis poin menjadi 4,349 persen.

Sementara itu, pembuat kebijakan bank sentral Jepang (BoJ) membahas prospek yang berkembang bahwa upah yang lebih tinggi akhirnya dapat menghilangkan risiko kembali ke deflasi, ringkasan pendapat pada pertemuan Desember mereka menunjukkan pada Rabu.

Pada pertemuan 19-20 Desember BoJ mempertahankan kebijakan ultra-longgarnya tetapi mengejutkan pasar dengan mengubah kebijakan pengendalian imbal hasil obligasi, yang memungkinkan suku bunga jangka panjang naik lebih banyak.

Sementara pasar memiliki ekspektasi yang meningkat bahwa bank sentral Jepang kemungkinan akan mengubah kebijakannya, fokus investor kemungkinan tidak akan tertuju pada siapa yang akan memimpin BoJ ketika Haruhiko Kuroda Gubernur BoJ habis masa jabatannya pada April.

“Kami pikir begitu gubernur baru diangkat, maka tinjauan kebijakan akan menyusul pada kuartal kedua 2023,” kata Min Joo Kang Ekonom ING.

Ia juga mengatakan, perubahan lain dalam kebijakan kontrol kurva hasil dimungkinkan pada paruh pertama tahun 2023, dan ING memperkirakan kenaikan suku bunga pada akhir 2023 atau awal 2024.

“Negosiasi gaji musim semi tahun depan adalah yang paling penting diperhatikan untuk perubahan kebijakan lebih lanjut yang berarti bagi bank sentral Jepang,” Ekonom ING itu.

Di pasar mata uang, yen Jepang melemah 0,25 persen versus greenback di 133,80 per dolar, dengan euro turun 0,08 persen menjadi 1,063 dolar.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang safe-haven greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,077 persen.

Harga minyak mentah AS naik 0,29 persen menjadi 79,76 dolar AS per barel dan Brent berada di 84,64 dolar AS atau naik 0,37 persen.(ant/rum/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs