Sabtu, 27 April 2024

Sandiaga Minta Pelaku Parekraf Berhemat Hadapi Kenaikan Harga BBM

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tangkapan virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Jakarta, Senin (5/9/2022). Foto: Antara

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan pesan kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) agar fokus kelola biaya belanja maupun pengeluaran guna mitigasi peningkatan kebutuhan hidup akibat inflasi serta kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.

“Intinya berhemat,” ujarnya dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau secara virtual di Jakarta, dikutip dari Antara, Senin (5/9/2022).

Selain berhemat, Sandi juga menyarankan diversifikasi produk ekraf sehingga mendapatkan potensi harga yang lebih terjangkau dan suplai yang reliabel. Upaya lain yang dapat dilakukan adalah menguatkan pengelolaan arus kas dengan bijak.

“Banyak yang bilang saat-saat sekarang cash is king, dan ini tentunya mendorong para pengusaha untuk memprioritaskan pengeluaran-pengeluaran yang betul-betul esensial,” tambahnya.

Pihaknya disebut sedang menghitung secara cermat dampak kenaikan BBM per hari ini mengingat pelaku parekraf mendapatkan pukulan karena harga produk ekraf berpotensi meningkat akibat kenaikan harga bahan pasok utama produk tersebut. Ia memprediksi kenaikan harga BBM meningkatkan harga produk ekraf sekitar 10-20 persen.

Untuk peningkatan biaya transportasi ke destinasi wisata yang dijangkau melalui jalur darat maupun jalur laut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan mengajukan bantuan sosial untuk pelaku parekraf terutama masyarakat rentan yang memiliki pendapatan di bawah Rp3 juta ke Kementerian Keuangan jika diperlukan.

“Kami berkomitmen untuk terus hadir dengan sekuat tenaga, dengan segala upaya, walaupun di tengah-tengah keprihatinan, tapi kita yakin untuk melindungi sahabat-sahabat kita yang rentan dan membantu yang lemah,” ujarnya.(ant/red/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs