Sabtu, 11 Mei 2024

Baru Diluncurkan, KA Pandalungan Relasi Gambir-Jember Langsung Laris Manis

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi - KA Pandalungan menempuh jarak 919 kilometer dari Stasiun Gambir di Jakarta Menuju Stasiun Jember. Foto: Humas KAI Daop 1 Jakarta

PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi meluncurkan perjalanan kereta api terjauh yakni KA Pandalungan. Kereta ini berangkat dari Stasiun Gambir di area Daop 1 Jakarta dengan tujuan Stasiun Jember.

Peluncuran KA Pandalungan itu merupakan implementasi peningkatan pelayanan KAI. Seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 yang berlaku mulai 1 Juni 2023.

Dengan beroperasinya KA Pandalungan, maka sekarang Stasiun Gambir memiliki keberangkatan KA dengan dengan rute terjauh. Menempuh jarak hingga 919 kilometer untuk relasi Gambir – Jember.

Eva Chairunisa Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta mengatakan, KA Pandalungan membawa delapan kereta eksekutif dengan kapasitas 400 tempat duduk. Sejak tanggal 1 Juni hingga hari ini, tercatat sekitar 629 penumpang berangkat menggunakan KA Pandalungan

“Jika melihat dari data pemesanan tiket, minat masyarakat menggunakan KA Pandalungan sangat tinggi. Bahkan untuk hari pertama pemberangkatan pada 1 Juni 2023 kemarin, okupansi penumpang mencapai 99 persen,” kata Eva dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net pada Jumat (2/6/2023),

Untuk menyambut kehadiran KA Pandalungan, KAI juga memberikan tiket promo seharga Rp300 ribu dengan jumlah terbatas untuk keberangkatan Juni 2023.

Melalui kehadiran KA Pandalungan, masyarakat yang berangkat dari Jakarta menuju Jember tidak perlu lagi membeli tiket tujuan Surabaya. Kemudian harus berpindah KA untuk menuju Stasiun Jember.

Kini untuk menuju Jember dari Gambir sudah ada KA Pandalungan. Dengan kepastian jadwal, waktu tempuh yang efisien, serta kenyamanan sepanjang perjalanan.

Selain KA Pandalungan, ada tiga KA baru lainnya dari area Daop 1 Jakarta. Ketiganya beroperasi mulai 1 Juni 2023 dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir.

Ketiga kereta itu adalah KA Argo Semeru relasi Gambir-Surabaya Gubeng keberangkatan pukul 06.20 WIB. Lalu KA Manahan relasi Gambir–Solo Balapan dengan keberangkatan pukul 10.30 WIB dan 22.50 WIB. Serta KA Argo Merbabu relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng, dengan keberangkatan pukul 14.20 WIB. (saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
31o
Kurs