Kamis, 2 Mei 2024

Kemnaker Sebut Lapangan Kerja Akan Fokus pada Teknologi Digital

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Anwar Sanusi Sekjen Kemnaker. Foto: Kemnaker

Anwar Sanusi Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyampaikan bahwa lapangan pekerjaan di era kemajuan teknologi ke depannya sudah terdigitalisasi.

“Dampak dari era digitalisasi bakal terjadi permintaan pekerjaan yang meningkat pada jenis pekerjaan tertentu dan menurun pada jenis pekerjaan lainnya,” ujar Anwar di Jakarta, melansir Antara, Jumat (8/9/2023).

Dia menyebut, permintaan akan pekerjaan kedepannya diprediksi akan meningkat, seperti data analisis dan penelitian, big data specialist, artificial intelligence (AI), machine learning specialist, digital marketing, dan arsitek database.

“Sementara, permintaan pekerjaan yang diperkirakan akan menurun seperti kasir, sekretaris, data entry, dan teller,” katanya.

Di era digital, imbuh Anwar, softskill atau kemampuan nonteknis yang harus disiapkan oleh para tenaga kerja muda yakni pemikiran analitis dan inovatif, pemecahan masalah yang kompleks, pemikiran dan analisis yang kritis, kreativitas, keorisinilan, dan inisiatif.

“Tenaga kerja muda atau mahasiswa harus berpartisipasi secara aktif dalam jejaring/komunitas keterampilan kontemporer, seperti komunitas desain komunikasi visual, komunitas content creator, komunitas youtuber, komunitas vlogger, komunitas seni, dan lain-lain,” ujarnya.

Anwar juga berpesan agar anak-anak muda tidak mudah menyerah menghadapi dunia kerja saat ini yang lebih dominan membutuhkan kemampuan nonteknis. (ant/fra)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs