Sabtu, 27 April 2024

Menkeu Yakin Capaian Pajak 2023 Memenuhi Target

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
ilustrasi-pajak Ilustrasi. Foto: Istimewa

Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan (Menkeu) RI optimistis target pajak tahun 2023 akan kembali tercapai.

Menurutnya, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) berpeluang mencetak hattrick setelah dua tahun terakhir juga menorehkan kinerja penerimaan sangat optimal di atas target APBN.

Menkeu pun mengapresiasi capaian tax ratio yang tumbuh signifikan dari 9,21 persen pada tahun 2021 menjadi 10,39 persen pada tahun 2022, tertinggi dalam 7 tahun terakhir.

Dalam pertemuan dengan para pimpinan DJP, Rabu (12/7/2023), Sri Mulyani menyampaikan terima kasih atas kerja keras seluruh pegawai Ditjen Pajak.

“Terima kasih atas kerja keras Anda. Dalam suasana yang luar biasa 3 tahun terakhir ini dan bahkan kita sekarang dihadapkan pada suasana dan kondisi ekonomi dunia yang tidak menentu,” ujarnya seperti dikutip laman resmi Kemenkeu.

Dengan kondisi global saat ini, Menkeu menekankan pekerjaan rumah DJP semakin banyak dan tidak mudah. Untuk itu, dia meminta seluruh jajaran terutama pimpinan untuk semakin serius dan kompeten.

Sri Mulyani menyebut, pajak harus mampu menjadi instrumen untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Target itu bisa tercapai kalau institusi dan para jajarannya mau terus berubah, memperbaiki diri, dan melakukan reformasi. Termasuk melalui penerapan UU HPP (Harmonisasi Peraturan Perpajakan) dan Core Tax atau Sistem Inti Administrasi Perpajakan (SIAP).

Lebih lanjut, Menkeu juga menggarisbawahi pentingnya pembentukan karakter pegawai pajak untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai integritas dan kejujuran.

Selain itu, dia juga mendorong penguatan peran para pimpinan sebagai salah satu bagian dari sistem three lines of defence (tiga lapis pertahanan).

“Selamat bekerja. Jaga hati, pikiran, dan integritas Anda semua. Saling mengingatkan dan menguatkan untuk kebaikan. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing dan menjaga kita dalam menjalankan tugas negara yang luar biasa penting ini. Selamat mencapai hattrick dan salam satu bahu!” pungkasnya.(faz/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs