Selasa, 27 Februari 2024

Pemerintah Optimistis 30 Juta UMKM Go Digital pada Tahun Depan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Rudy Salahuddin Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian. Foto: Humas Kemenko Perekonomian

Pemerintah optimistis sebanyak 30 juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) akan go digital pada 2024 mendatang.

“Targetnya 30 juta (UMKM) pada 2024. Sekarang sudah 27 juta. Saat ini kami masih memberikan edukasi, literasi digital kepada para UMKM. Bukan hanya pemerintah, tapi kami bersinergi juga dengan para pelaku,” kata Rudy Salahuddin Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian.

Dilansir dari Antara pada Senin (4/12/2023), Rudy menjelaskan pemerintah tidak hanya memfokuskan UMKM untuk go digital. Selain itu juga menginisiasi berbagai strategi agar produk-produk UMKM bersaing di pasar internasional, khususnya di kawasan ASEAN.

“Jadi, bukan hanya sekadar go digital, tapi produk-produk mereka tidak bisa terjual. Setidaknya di ASEAN dululah kami bisa dorong produk-produk UMKM kita,” terangnya.

Pemerintah terus memperkuat kerja sama dengan berbagai platform niaga elektronik (e-Commerce) hingga perusahaan teknologi finansial (fintech) agar mampu mencapai target tersebut.

Kolaborasi itu diarahkan untuk dapat meningkatkan daya saing UMKM dalam memasuki ekosistem digital serta pasar internasional.

“Jadi, kami bersinergi juga dengan para pelaku. Misalnya dari pelaku e-Commerce, pelaku fintech, dan sebagainya untuk sama-sama mendorong para pelaku UMKM bisa go digital,” kata Rudy.

Nilai ekonomi digital Indonesia terus tumbuh dan tercatat sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara. Pada tahun 2023, nilai ekonomi digital Indonesia sekitar 82 miliar Dollar Amerika Serikat (AS).

Nilai ekonomi digital Indonesia diprakirakan mampu mencapai 109 miliar Dollar AS pada tahun 2025. Selain itu, 40 persen pangsa pasar ekonomi digital Asia Tenggara berada di Indonesia. (ant/saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Selasa, 27 Februari 2024
25o
Kurs