Selasa, 25 Juni 2024

Pemprov Gelar Jatim Fest 2023 untuk Tingkatkan Perekonomian

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur pada acara pembukaan Jatim Fair 2022 di Grand City Surabaya, Jumat (7/10/2022). Foto: Kadin Jatim

Pemerintah Provinsi (Pemprov) menggelar Jatim Fest 2023 dengan tagline “Pesta Belanja, Hiburan & Rekreasi Rakyat Jatim” dan tema “Jatim Bangkit Terus Malaju”.

Event yang digelar untuk merayakan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur (Jatim) itu berlokasi di Jatim Expo itu berlangsung 4-10 Oktober 2023, mulai 10.00-21.00 WIB. Tebuka untuk umum dan gratis.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim menjelaskan, Jatim Fest sebelumnya bernama Jatim Fair. Terkait perubahan nama itu, kata Khofifah supaya memberikan perspektif dan semangat baru.

Sehingga, pameran dagang terbesar Jatim ini bisa menjadi ajang menggerakkan roda perekonomian sembari memberikan hiburan untuk masyarakat.

“Jatim Fair sudah kita lakukan sejak 2010, sudah lebih dari satu dekade. Jatim Fest ini memberikan fresh start, diharapkan ini menjadi penggerak ekonomi yang lebih besar. Sekaligus sarana rekreasi rakyat,” kata Khofifah.

Gelaran Jatim Fest, lanjut Khofifah, menjadi upaya pemprov menjaga kestabilan ekonomi, utamanya untuk meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim.

Berdasarkan data yang ada PDRB Jatim pada triwulan (TW) II tahun 2023 berkontribusi sebesar 14,45 persen pembentuk Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan berkontribusi sebesar 25,23% PDRB Pulau Jawa.

“Sedangkan pertumbuhan ekonomi Jatim pada TW II tumbuh secara impresif sebesar 2,66% (q-to-q) dan tertinggi di Pulau Jawa,” katanya.

Khofifah menambahkan, kinerja ekonomi Jatim dari supply side ditopang oleh tiga sektor lapangan usaha. Salah satunya adalah Sektor Perdagangan yang berkontribusi sebesar 19,13 persen dalam pembentukan PDRB Jatim dan serapan 19,07 persen tenaga kerja atau 4,27 juta orang.

Tak hanya pameran dagang saja, dalam Jatim Fest juga tersedia fasilitas playground area wahana permainan anak, stand kuliner yang bisa dinikmati di tempat, sampai doorprize dengan grand prize paket umrah.

“Dan juga akan ada konser musik dan gelar seni daerah Jatim, talkshow kuliner Jatim, sharing session pelaku UKM di Jatim, workshop kerajinan hingga Jatim Bersholawat. InsyaAllah ini akan lebih seru dari sebelumnya,” katanya.

Untuk itu Khofifah mengajak seluruh masyarakat supaya hadir dan menyemarakkan Jatim Fest. Sebab selain ada pameran dan hiburan, masyarakat bisa memanfaatkan berbagai layanan publik yang ada di sana.

Antara lain cek kesehatan gratis, layanan Adminduk Capil, layanan pajak kendaraan dan samsat, layanan perizinan, layanan konsultasi produk, layanan cek body fit, dan masih banyak lainnya.

“Ini dalam rangka peringatan Hari Jadi Jawa Timur. Masyarakat sudah sepatutnya bergembira dan merayakan potensi daerah yang kita miliki. Jadi mari datang ke Jatim Fest dan ikut semarakkan event pameran dagang terbesar ini,” pungkasnya. (wld/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
28o
Kurs