Jumat, 14 Juni 2024

Kemenkop UKM Klarifikasi Tak Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi warung klontong atau warung Madura. Ilustrasi warung klontong atau warung Madura. Foto: Bukalapak

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menegaskan tidak pernah melarang warung-warung Madura untuk berjualan selama 24 jam di Bali.

Dilansir Antara, Sabtu (27/4/2024), pernyataan itu disampaikan oleh Arif Rahman Hakim Sekretaris Kemenkop UKM mengklarifikasi pemberitaan terkait dirinya yang mengimbau pengusaha warung Madura untuk mematuhi aturan jam operasional sesuai aturan pemerintah daerah.

Arif juga menyatakan bahwa pihaknya sudah meninjau Peraturan Daerah Kabupaten Klungkung Nomor 13 Tahun 2018 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan.

Ia juga mengaku tidak menemukan aturan yang secara spesifik melarang warung Madura untuk buka 24 jam.

“Dalam Perda tersebut, pengaturan terkait jam operasional justru berlaku bagi pelaku usaha ritel modern, minimarket, hypermarket, department store, serta supermarket, dengan batasan jam operasional tertentu,” kata Arif.

Selain itu, Arif pun menambahkan bahwa Kemenkop UKM juga akan meminta penjelasan lebih lanjut kepada pemerintah daerah terkait mengenai aturan pembatasan jam operasional warung Madura, yang sedang berkembang di masyarakat.

“Kami juga akan mengevaluasi kebijakan daerah yang kontraproduktif dengan kepentingan UMKM, termasuk evaluasi program dan anggaran pemda untuk mendukung UMKM,” ucap Arif.

Sementara sebelumnya, imbauan terhadap warung-warung Madura agar tidak berjualan selama 24 jam sebelumnya disampaikan oleh Lurah Penatih di Denpasar Timur, Bali. Imbauan itu dikeluarkan Kelurahan Penatih karena alasan keamanan. (ant/sya/bil/faz)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
28o
Kurs