Kamis, 2 Mei 2024

Maersk Hentikan Semua Kapal Menuju Laut Merah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kontainer milik Maersk, perusahaan pelayaran dan logistik asal Denmark. Foto: Antara/Anadolu

Maersk, perusahaan pelayaran dan logistik Denmark, mengumumkan pada Jumat (5/1/2024), bahwa pihaknya akan menghentikan sementara kapal-kapal yang menuju Laut Merah dan Teluk Aden “mengingat kejadian baru-baru ini yang melibatkan Maersk Hangzhou dan perkembangan yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.”

“Situasinya terus berkembang dan tetap sangat tidak stabil, dan semua informasi intelijen yang ada menegaskan bahwa risiko keamanan terus berada pada tingkat yang meningkat secara signifikan,” kata perusahaan pelayaran Denmark tersebut, seperti dilaporkan Antara.

Setelah jeda operasi sebelumnya, perusahaan tersebut memutuskan untuk melanjutkan operasinya pada 24 Desember setelah inisiatif keamanan multinasional mengerahkan pasukan untuk melawan serangan. Namun Maersk berhenti lagi pada Selasa (2/1/2024).

Perusahaan tersebut, pada Selasa mengatakan: “Jika hal ini paling masuk akal bagi pelanggan kami, kapal akan dialihkan rutenya dan melanjutkan perjalanan mereka mengelilingi Cape of Good Hope.”

“Kami tetap berkomitmen untuk meminimalkan dampak terhadap rantai pasokan pelanggan kami dan akan terus memberi Anda informasi terkini mengenai situasinya.”

Kelompok pemberontak Houthi yang didukung Iran, yang secara resmi dikenal sebagai Ansar Allah, telah meningkatkan keterlibatan mereka secara signifikan dalam konflik di Jalur Gaza.

Kelompok tersebut telah memperingatkan bahwa mereka akan menyerang semua kapal tujuan Israel di Laut Merah — salah satu rute laut yang paling sering digunakan di dunia untuk pengiriman minyak dan bahan bakar — dalam upaya mendukung warga Palestina ketika mereka menghadapi agresi dan pengepungan Israel di Gaza.

Beberapa perusahaan kontainer terbesar di dunia telah menghentikan operasinya di wilayah tersebut.

Di tengah serangan Houthi, Amerika Serikat mengumumkan pembentukan misi multinasional untuk melawannya.

Lloyd Austin Menteri Pertahanan AS mengatakan bahwa peningkatan serangan tersebut mengancam kebebasan arus perdagangan, membahayakan pelaut yang tidak bersalah, dan melanggar hukum internasional.

Maersk mengatakan pada Jumat: “Kami memahami dampak potensi hal ini terhadap operasi logistik Anda, namun yakinlah bahwa semua keputusan telah dipertimbangkan dengan cermat dan pada akhirnya memprioritaskan keselamatan kapal, pelaut, dan kargo Anda.”(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs