Rabu, 29 Mei 2024

Pemerintah Target Konser Ed Sheeran Beri Dampak Ekonomi Rp100 Miliar

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Konser bertajuk "Ed Sheeran + - = ÷ x Tour 2024" berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS) pada 2 Maret 2024. Foto: Rockforpeople

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menargetkan konser Ed Sheeran di Jakarta pada Sabtu (2/3/2024), memberikan dampak ekonomi lebih dari Rp100 miliar.

Konser Ed Sheeran ‘Mathematics Tour 2024‘ yang akan diselenggarakan di Jakarta International Stadium (JIS) itu menargetkan penonton hingga 50.000 orang.

“Tipikal spending wisatawan nusantara hingga 50 ribu penonton itu pengalinya Rp2,7 juta, konservatif direct impact-nya Rp100 miliar lebih,” kata Sandiaga seperti dilansir Antara pada Selasa (27/2/2024) malam.

Konser Ed Sheeran semula akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), tetapi dipindah ke JIS. Perpindahan ini diputuskan karena SUGBK akan digunakan untuk persiapan pertandingan tim nasional (timnas) Indonesia melawan Vietnam.

Kendati demikian, Sandiaga meyakini konser Ed Sheeran di JIS akan menghadirkan sensasi panggung 360 derajat yang ikonik.

Vinsensius Jemadu Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, mengatakan bahwa Kemenparekraf terus berusaha meningkatkan penyelenggaraan konser yang berkualitas.

“Belajar dari kesuksesan Coldplay, kami melihat promotor ini sudah semakin meningkat kualitas penyelenggaraannya,” ujarnya.

Dia menambahkan konser Ed Sheeran dengan 50 ribu penonton diharapkan juga dapat berkontribusi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tahun ini ditargetkan mencapai 1,5 miliar pergerakan.

“Sebanyak 10–15 persen wisatawan mancanegara akan hadir di konser tersebut sehingga bisa memberi kontribusi pada perekonomian,” tutupnya. (ant/ike/saf/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
32o
Kurs