Kamis, 21 Oktober 2021

Peserta IBMLB Tingkatkan Kemampuan Membuat Konten Desain Promosi

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Personal development workshop dengan tema “Level Up Your Promotion: Content Design and Photo Editing” dengan narasumber Mikhael Ming Khosasih Dosen Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Ubaya untuk peserta IBMLB pada Rabu (30/6/2021). Foto: tangkapan layar zoom

Peserta Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa (IBMLB) mengikuti personal development workshop tingkatkan keterampilan content design dan photo editing. Kegiatan workshop ini dibagi menjadi tiga kali pertemuan mulai dari membuat planning promotion, cara mengedit foto hingga praktik menggunakan aplikasi Canva.

Personal development workshop dengan tema “Level Up Your Promotion: Content Design and Photo Editing” ini disampaikan oleh Mikhael Ming Khosasih, S.Kom., M.M Dosen Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Universitas Surabaya (Ubaya) pada Rabu (30/6/2021).

IBMLB adalah program kolaborasi Suara Surabaya Media dan Universitas Surabaya untuk menginspirasi serta membangkitkan kembali semangat kawan muda di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan workshop ini merupakan salah satu dari 10 bidang personal development workshop yang digelar secara virtual dan diikuti oleh 99 peserta IBMLB dari beragam daerah di Indonesia.

Pada kesempatan ini, peserta IBMLB mendapatkan tiga materi yang berkesinambungan untuk meningkatkan kemampuan mereka di bidang multimedia khususnya desain dan promosi.

Mikhael Ming Khosasih menyampaikan ada tiga materi yang diberikan untuk menjawab kebutuhan dan minat peserta IBMLB. Materi pertama mengenai Basic Promotion Guideline yang menjelaskan tentang bagaimana alur atau cara kerja membuat sebuah konten promosi. Kemudian materi kedua membahas mengenai Photo Editing with VSCO. Pada sesi ini, peserta tidak hanya mendapatkan materi tetapi diajak praktik membuat foto produk yang bagus untuk promosi.

“Materi terakhir yaitu Content Design with Canva. Jadi saya mengajak peserta untuk belajar cara mengedit foto sekaligus membuat konten promosi yang bagus menggunakan aplikasi yang mudah dan sederhana, sehingga semua bisa mencoba sendiri pada smartphone masing-masing,” ungkap Mikhael Ming Khosasih.

Pria yang berprofesi sebagai dosen sekaligus IT Consultant ini memberikan beberapa tips dan saran kepada peserta IBMLB dalam membuat sebuah konten promosi yang menarik.

Ada lima tahapan yang perlu dilakukan untuk membuat konten promosi yaitu plan, research, design, implementation dan evaluation. Menurutnya, tahapan-tahapan ini bisa menjadi panduan dalam membangun brand, mengetahui audience, problem, tujuan yang ingin dicapai, melihat kompetitor, hingga adanya evaluasi untuk tindakan perbaikan agar konten promosi yang dibuat bisa menjadi lebih baik ke depannya.

Mikhael Ming mengatakan bahwa selain foto, content design untuk promosi yang baik juga perlu memperhatikan tiga hal lain seperti warna, tipografi, dan tata letak atau biasa disebut layout. Dirinya mengatakan bahwa sebuah desain promosi ternyata tidak sembarangan dalam memilih warna. Hal tersebut disebabkan karena masing-masing warna memiliki makna untuk memperkuat pesan promosi. Sebagai contoh, warna merah menandakan cinta, passion, sale dan sebagainya.

“Biasanya bagi kita yang belum tahu dan ingin belajar makna warna bisa browsing dengan kata kunci psychology of color. Selain warna, hal penting lainnya dalam desain yaitu jenis tulisan yang digunakan. Jika salah menggunakan jenis tulisan dalam desain maka bisa mempengaruhi efek psikologis seseorang,” terangnya.

Dosen yang juga berprofesi sebagai owner Tambah Kreatif dan co-owner Loux Batik ini menambahkan jika desain dan psikologi memiliki hubungan yang erat karena ketika seseorang membuat desain maka dirinya harus memikirkan bagaimana respon audience yang melihat. Oleh sebab itu, jenis tulisan juga memberikan kesan yang berbeda bagi audience.

Jenis tipografi secara garis besar dibagi menjadi empat yaitu serif, sans serif, script, dan decorative. Misalnya, serif yang memiliki ciri-ciri bentuk kaki atau sirip pada tulisan cenderung memberikan kesan klasik, resmi dan elegan. Contohnya seperti Times New Roman, Times, Trajan dan yang lain.

Empat jenis tipografi tersebut paling sering digunakan di masyarakat dalam membuat content design. Selanjutnya peserta diajak untuk memahami tata letak yang bagus atau layout dalam membuat content design.Terdapat empat prinsip awal yang perlu dipahami sebelum membuat desain yaitu keseimbangan, irama, penekanan (emphasis), dan kesatuan (unity). Kemudian memahami tentang sequence dalam menentukan judul, foto hingga informasi yang ingin disampaikan. Setelah itu, peserta IBMLB juga belajar mengenai fungsi grid dan white space yang sering digunakan dalam layout.

“Semakin banyak kreativitas yang diasah dengan memperbanyak referensi danpraktik maka kemampuan kita dalam membuat konten promosi juga akan meningkat. Semoga kegiatan workshop yang telah dilakukan selama tiga kali pertemuan ini bisa bermanfaat buat peserta IBMLB untuk menambah wawasan maupun mengembangkan bisnisnya,” pesan Mikhael Ming.

Sekadar diketahui, sebelumnya terdapat 130 peserta Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa yang mendaftar. Ada 99 peserta yang lolos tahap selanjutnya.

Program kolaborasi Suara Surabaya dengan Ubaya ini bisa menginspirasi Kawan Muda di tengah pandemi dengan tujuan membangkitkan semangat kepedulian khususnya kepada Indonesia.

Diharapkan ke depan Program Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa bisa menjadi wadah bagi anak muda yang memiliki prestasi, karya yang memberikan pengaruh positif baik pada keluarga, lingkungan, serta masyarakat guna mengembangkan soft skill.

Peserta yang lolos tahap selanjutnya kemudian mengikuti virtual gathering, personal development workshop, serta tes bakat minat dan konsultasi.

Peserta juga memiliki peluang mendapatkan beasiswa hingga 100 persen kuliah di Ubaya baik jenjang S1 maupun S2.

Program Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa ini persembahan Suara Surabaya Media dan Universitas Surabaya (Ubaya) The First University In Heart And Mind, didukung Dealer Vespasatya PT Satya Mandiri Motors, dan JETE – Best For Your Gadget.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Kamis, 21 Oktober 2021
33o
Kurs