Jumat, 29 Maret 2024

Hamil Dua Minggu, JCH Sumenep Ditunda Berangkat

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi.

Jemaah Caloh Haji (JCH) berinisial HF (33) asal Kabupaten Sumenep akhirnya diputuskan tim kesehatan Embarkasi Surabaya untuk menunda keberangkatan hajinya tahun ini. Sebab, JCH yang semula tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 7 ini diketahui positif hamil saat pemeriksaan akhir kesehatan di Hall Mina Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Minggu (7/7/2019) kemarin.

Acub Zaenal Amoe Wakil Kepala Bidang Kesehatan Embarkasi Surabaya menjelaskan, usai dinyatakan positif hamil, HF lantas dirujuk ke dokter spesialis kandungan untuk menjalani pemeriksaan USG. Dari pemeriksaan tersebut, diketahui usia kehamilan HF saat ini baru 2 minggu.

“Setelah kami lakukan rujukan ke teman sejawat spesialis kandungan, kemudian dilakukan pemeriksaan USG, kelihatan memang umur kehamilannya tidak mencukupi walaupun ditunggu sampai akhir kloter,” tutur Dokter Acub, sapaan akrab Wakil Kabid Kesehatan ini.

Terkait dengan penundaan berangkat haji ini, Acub menjelaskan sesuai dengan regulasi usia kehamilan dalam penerbangan, kalau usia kehamilannya masih kurang dari 14 minggu maka akan ditunda keberangkatannya hingga akhir kloter untuk bisa mencapai usia kandungan yang layak terbang.

“Kalau usia kehamilannya masih kurang dari 14 minggu maka akan kita tunda keberangkatannya hingga maksimal akhir kloter. Untuk bisa mencapai usia kandungan yang dibolehkan antara 14 hingga 26 minggu. Tapi ketika usia kehamilan masih awal, ditambah sisa hari pelaksanaan pemberangkatan embarkasi tidak mampu mencapai 14 minggu, maka tentunya akan kami tunda untuk tahun depan,” terang Acub.

Karena usia kehamilan HF yang masih dua minggu dan dinyatakan tidak layak terbang, suaminya pun memutuskan untuk turut istrinya menunda keberangkatan hajinya tahun ini pada tahun berikutnya. Pasangan suami istri ini meninggalkan Embarkasi Surabaya siang hari tadi, Senin (8/7/2019) setelah menandatangani berita acara penundaan berangkat haji. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs