Sabtu, 4 Mei 2024

Ratusan HT Disita dari JCH Embarkasi Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Peralatan HT yang dibawa Jemaah Calon Haji Embarkasi Surabaya disita petugas. Foto: Istimewa.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menyita 250 Handy Talky (HT) yang dibawa Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter 3 asal Kabupaten Probolinggo, Kamis (11/7/2019).

Ratusan HT itu didapati petugas saat melakukan pemeriksaan barang bawaan koper di kabin pesawat di Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Jamal Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) mengatakan, penyitaan HT itu merupakan bagian dari regulasi yang telah ditetapkan.

“Memang betul dini hari tadi, kami menyita sekitar 250 ht dari koper kabin JCH. Mereka beralasan membawa HT karena untuk memudahkan berkokunikasi. Namun ini sudah merupakan regulasi, harus kita patuhi bersama,” kata Jamal.

Menurut Jamal, kasus serupa pernah terjadi di musim haji dua tahun yang lalu. Namun kala itu, HT milik JCH tertahan dan disita di Bandara Madinah.

“Kasus seperti ini sudah terjadi dua tahun yang lalu, seharusnya JCH lebih berhati-hati dan memahami apa saja yang diperbolehkan dibawa,” kata Jamal.

Sekadar diketahui, PPIH Embarkasi Surabaya memberangkatkan JCH di tiga Kloter secara bertahap. Kloter yang diberangkatkan yakni kloter 12 yang terisi jemaah asal Sampang, Surabaya, dan Blitar. Kemudian kloter 13 dan 14 yang berasal dari Kabupaten Probolinggo.

“Alhamdulillah pemberangkatan menuju Bandara Juanda pagi tadi berjalan lancar, tentunya masih terdapat JCH yang menggunakan kursi roda dan alat bantu lainnya,” kata Jamal. (bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs