Jumat, 26 April 2024

TikTok Perketat Kontrol Privasi bagi Pengguna Remaja

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Logo TikTok dipasang pada layar diatas Times Square di Kota New York, Amerika Serikat, Jumat (6/3/2020). Foto: Reuters/Andrew Kelly

TikTok mengumumkan akan memperketat kontrol privasi terhadap pengguna remaja, sebagai jawaban atas berbagai kritik yang mengatakan aplikasi tersebut gagal melindungi anak-anak dari iklan dan konten yang tidak pantas.

Dimiliki oleh ByteDance China, TikTok telah berkembang pesat di seluruh dunia, terutama di kalangan remaja. Namun sejumlah insiden telah memicu kekhawatiran mengenai kebijakan privasi dan keamanan.

Melansir Reuters seperti dikutip Antara, Jumat (13/8/2021), TikTok mengatakan bahwa perubahan yang menargetkan pengguna berusia 13 hingga 17 tahun itu akan segara diluncurkan secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Nantinya, saat akan mengunggah video ke TikTok, sebuah pop-up akan muncul meminta pengguna remaja di bawah usia 16 tahun untuk memilih siapa yang dapat menonton video mereka.

“Proses membuat video TikTok sangat menyenangkan dan kreatif dengan memilih musik, efek, dan transisi yang tepat. Tapi memilih kepada siapa video itu akan dibagikan juga sama pentingnya,” kata kepala kebijakan publik dan keselamatan anak TikTok Alexandra Evans dan kepala privasi global TikTok Aruna Sharma.

Sementara pengguna berusia 16 dan 17 tahun dapat mengaktifkan fitur pop-up yang memungkinkan untuk memilih siapa yang dapat mengunduh video publik mereka. Bagi pengguna di bawah 16 tahun, unduhan akan dinonaktifkan secara permanen.

Pengaturan Direct Message juga akan disetel menjadi “no one” untuk pengguna berusia 16 dan 17 tahun. Namun, pengguna masih dapat mengubah opsi pengaturan.

TikTok juga mengatakan akan mengurangi penerimaan push notification untuk pengguna di bawah 18 tahun. Pengguna berusia 13 hingga 15 tahun tidak akan menerima push notification mulai pukul 9 malam, sedangkan pengguna berusia 16 dan 17 tahun tidak akan menerima push notification mulai pukul 10 malam.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs