Minggu, 19 Mei 2024

Tiga Kecamatan di Lumajang Kembali Diguyur Hujan Abu Bromo

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Semburan asap bercampur debu vulkanik dari kawah Gunung Bromo, Kamis (31/12/2015), kembali mengarah ke timur dan tenggara menuju wilayah Kabupaten Lumajang. Akibatnya, 3 wilayah kecamatan diguyur hujan abu tipis. Di antaranya Kecamatan Senduro, Gucialit dan Ranuyoso.

Hendro Wahyono Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM mengatakan, sejumlah desa di 3 wilayah kecamatan tersebut diguyur hujan abu dari Gunung Bromo karena arah angin ke Lumajang.

“Di antaranya Desa Argosari dan Ranupani di Kecamatan Senduro, Desa Pakel, Sombo dan Kertowono di Kecamatan Gucialit serta sejumlah desa di Kecamatan Ranuyoso,” katanya.

Dengan mengguyurnya hujan abu ini, BPBD Kabupaten Lumajang akan kembali mendistribusikan masker kepada masyarakat. Meski stok masker yang dimiliki juga terbatas, karena hanya tersisa 2.500 saja. “Sedangkan stok yang 25 ribu lembar, sudah habis kami droping sejak wilayah Lumajang terdampak abu Bromo,” ujarnya.

Saat ini, BPBD Kabupaten Lumajang juga telah memintakan tambahan bantuan stok masker ke BPBD Provinsi Jatim. Namun sejah ini masih belum didistribusikan. “Yang jelas, stok masker ini sangat vital untuk menghindarkan dampak kesehatan akibat hujan abu dari Gunung Bromo ini,” ujarya.

Dari laporan PVMBG (Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi) dari pantauan rutin pukul 00.00 sampai 06.00 WIB hari ini, Kamis (31/12/2015), asap kelabu-kecoklatan tebal dengan tekanan sedang-kuat, mengarah ke timur dan tenggara. Ketinggian asap berkisar 1.500 meter dari puncak kawah (mdpk) atau 3.829 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Sedangkan dari pantauan seismik, gempa tremor berada di aplitudo 3 mm sampai 37 mm dan dominant pada 14 mm. Hujan abu tipis-sedang dilaporkan mengguyur di Pos PGA (PEngamatan Gunung Api) dan masih terdengar suara gemuruh dari kawah. Secara visual cuaca dilaporkan cerah, angin tenang, suhu 12 sampai 14 derajat celcius hingga Gunung Bromo terpantau jelas.

Sementara, dari pantauan pukul 18.00 sampai 24.00 WIB, Rabu (30/12/2015), asap kelabu-kecoklatan sedang-tebal dengan tekanan sedang-kuat, dan tinggi asap berkisar 1.500 meter dari puncak kawah (mdpk) atau 3.829 mdpl juga mengarah tenggara dan timur.

Dari pantauan seismik, gempa tremor berada di amplitudo 5 mm sampai 37 mm dan dominant pada 12 mm. Hujan abu tipis dilaporkan terjadi di Pos PGA, masih suara gemuruh dari kawah dan sesekali terlihat sinar api dari kawah. Secara visual cuaca cerah-mendung, angin tenang dengan suhu berkisar 14 sampai 15 derajat celcius.

Dengan laporan aktivitas Guung Bromo seperti ini, BPBD Kabupaten Lumajang juga melakukan pengamanan terhadap aktivitas wisata di Puncak B-29 Desa Argosari, Kecamatan Senduro yang saat ini dipadati wisatawan.

“Kami akan menempatkan relawan di sana. Kalau terjadi sesuatu, bisa segera dilaporkan dan dilakukan mobilisasi cepat. “Kami imbau juga, wisatawan untuk mempersiapkan masker,” kata Hendro Wahyono. (her/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs