Sabtu, 20 April 2024

Evakuasi Kecelakaan, Perlintasan Kereta Bangil Ditutup Sebagian

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Hingga pukul 11.30 WIB, Senin (21/7/2014) kendaraan yang akan melewati perlintasan kereta api Bangil dialihkan sementara waktu. Hal ini karena pihak kepolisian masih melakukan proses evakuasi pada KA Mutiara Timur yang terlibat kecelakaan dengan Truk engkel muat ikan.

Aiptu Gede Sukana, Kanit Patroli Lantas Polres Pasuruan mengatakan pengalihan arus masih dilakukan hingga evakuasi selesai karena posisi kereta berhenti melintang di lajur Kereta api dan truk muat ikan msih menutup satu lajur arah ke Surabaya.

“Petugas masih melakukan evakuasi dan mencairkan arus lalu lintas. Kira-kira butuh waktu satu jam. Untuk lajur dari Surabaya mengarah ke Pasuruan sudah bisa dilintasi namun arus sebaliknya masih ditutup dan dilakukan pengalihan arus,” paparnya saat dihubungi Radio Suara Surabaya.

Untuk itu kendaraan dari arah Pasuruan diarahkan lewat Gejayan – Wonorejo – Purwosari.

Sementara itu, kecelakaan yang melibatkan KA Mutiara Timur lokomotif 1 dengan 9 gerbong rute Surabaya-Banyuwangi dengan truk engkel muat ikan bernopol N 8063 UP disebabkan karena kelalaian petugas palang pintu yang saat ini sudah diamankan kepolisian.

“Ini disebabkan kelalaian, penjaga pintu tidak menutup perlintasan saat kereta melintas dan saat ini sudah diamankan. Sementara korban dalam kecelakaan dua orang dengan kondisi luka berat yakni pengemudi dan kernet truk engkel,” jelas Gede.

Menurutnya, kecelakaan terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, dimana KA Mutiara Timur melintas dari arah Pasuruan dan hendak melewati perlintasan Bangil. Saat itu kondisi palang tidak ditutup dan tidak ada tanda kereta akan melintas. “Kereta menabrak truk engkel yang melewati perlintasan kereta dan terjadi benturan keras hingga truk terguling dan mesin lokomotif berhenti,” jelasnya.

Sedangkan truk tronton muat material yang terguling dan mobil box diketahui tidak terlibat kecelakaan secara langsung. “Saat melihat truk engkel tertabrak kereta, sopir truk tronton banting setir, namun malah terguling dan menimpa mobil box,” katanya. (ain/rs)

Foto: Didit via e100ss

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs