Minggu, 19 Mei 2024

Festival Sinema Prancis 2014 Mulai Digelar

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Poster acara Festival Sinema Prancis 2014. Foto: IFI Surabaya for suarasurabaya.net

Digagas tahun 1996, Festival Sinema Prancis adalah festival sinema asing pertama di Indonesia yang menjadi ruang temu bagi publik Indonesia untuk mengapresiasi keragaman dan kualitas produk perfilman Prancis.

Dalam perjalanannya, Festival Sinema Prancis mengalami dinamisasi dengan terus membaca perubahan dan perkembangan sinema baik di Prancis maupun di Indonesia. Dan mulai tahun 2012, Festival Sinema Prancis memantapkan visinya: membangun program yang berkelanjutan.

Dengan menggandeng berbagai pihak di Indonesia untuk program sinema, program bantuan film dan sebagainya, Festival Sinema Prancis menjadi jembatan dialog dua arah yang menghubungan festival dengan publiknya.

Bekerjasama dengan XXI/21, Festival Sinema Prancis tahun ini mempersembahkan delapan film Prancis terbaru yang belum pernah ditayangkan di Indonesia dan dari berbagai genre: komedi, drama, asmara, thriller dan fantasi. Di edisi ke-19 ini, Festival Sinema Prancis hadir di 10 kota besar di Indonesia: Jakarta, Balikpapan, Bandung, Denpasar, Jombang, Makassar, Malang, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.

Film-film Prancis teraktual dari berbagai genre akan mengajak kita menyelami pengalaman sinema Prancis yang penuh warna dengan ragam ceritanya. Semua film merupakan rilis premiere di Indonesia. Inilah kesempatan terbaik bagi publik Indonesia untuk menyaksikan produk sinema Prancis yang lima tahun terakhir telah meraih lima Oscar di Hollywood dan dua Palme d’Or di Cannes.

“Jadwal selengkapnya dapat dilihat di www.festivalsinemaprancis.com sekaligus untuk melihat film-film apa saja yang bakal diputar dalam festival tahun ini. Silahkan langsung dilihat disitus kami. FSP 2014 dihelat mulai Senin (1/12/2014) sampai Minggu (7/12/2014),” papar Pramendha Khrisna bagian Budaya & Komunikasi IFI Surabaya pada suarasurabaya.net, Senin (1/12/2014).(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
26o
Kurs