Senin, 29 April 2024

Jatim Dirikan RS Khusus Jantung

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Pemerintah Jawa Timur akan menjadikan Rumah Sakit Umum (RSU) Dr Soetomo sebagai rumah sakit jantung modern dengan berbagai fasilitas canggih.

”Selama ini kita memang belum punya RS Jantung, rencananya kami akan bangun RS Jantung tapi tidak memungkinkan sehingga yang bisa dilakukan adalah meningkatkan RSU Dr Soetomo dengan berbagai fasilitas tambahan,” kata Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur usai menerima perwakilan pengurus Yayasan Jantung Indonesia di kantornya, Kamis (23/10/2014).

Menurut dia, pasien jantung saat ini memang terus meningkat. Jika dulunya penyakit tak menular yang paling banyak adalah diabet dan stroke, saat ini beralih ke jantung.

Padahal di satu sisi, Jawa Timur hingga kini tak memiliki RS khusus untuk jantung. Satu-satunya RS yang mampuni adalah RSU Dr Soetomo sehingga pelayanan khusus jantung di RS ini akan lebih ditingkatkan.

Sangat ironis memang, Jawa Timur yang berpenduduk lebih dari 38 juta jiwa ini tidak memiliki RS Jantung. Padahal, RS khusus lainnya, seperti RS Paru dan Kusta sudah berdiri di Jember dan Mojokerto dan Kediri. Bagitu juga RS Jiwa saat ini juga sudah dimiliki.

Penambahan fasilitas yang akan dilakukan di RSU Dr Soetomo nantinya akan sejajar dengan RS Jantung Harapan Kita Jakarta.

Sementara itu, selain menambah fasilitas khusus jantung, pemerintah juga berencana membangun RS baru yang ada di sekitar kaki Suramadu. “Harapan kita supaya pasien dari Madura tidak harus ke Dr Soetomo,” ujarnya.

Selain itu, beberapa RS milik provinsi seperti Dr Soedono Madiun dan Syaiful Anwar Malang juga akan terus ditingkatkan. (fik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs