Minggu, 19 Mei 2024

Kesempatan Mencicipi Makanan di Pekan Cita Rasa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Bukan acara kuliner biasa, Semaine du Gout bertujuan berbagi keahlian dan passion cita rasa dan kuliner, dan mengedukasi publik muda tentang cita rasa dan kuliner.

Semaine du goût atau Pekan Cita Rasa diselenggarakan secara serentak di Prancis dan berbagai negara di dunia. Termasuk oleh IFI Surabaya, mulai Senin (13/10/2014) di sejumlah tempat yang ditunjuk panitia, mulai dari sekolah, kampus hingga hotel-hotel bintang.

Semaine du gout oleh masyarakat Prancis dimaknai sebagai sebuah perayaan yang berkaitan erat dengan cita rasa, makanan lezat, dan kehidupan sehat. Acara kuliner ini telah menjadi tradisi setiap tahun dan penyelenggaraannya di Prancis memasuki tahun ke-25 pada tahun 2014 ini.

Di Indonesia sendiri, Pekan Cita rasa ini mulai digelar sejak tahun 2013 yang lalu, dan ketika itu hanya digelar di Institut Français d’Indonésie (IFI) di Jakarta dan diluar dugaan ternyata menuai sukses luar biasa. Dan tahun 2014 ini even berkaitan dengan kuliner ini digelar di luar Jakarta.

“Tahun ini dalam rangka untuk memberikan kesempatan masyarakat di luar Jakarta, maka Semaine du gout digelar di Surabaya serta Bali. Sedangkan untuk IFI Surabaya sendiri penyelenggaraan Pekan Cita Rasa 2014 ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakan,” papar Pramendha Khrisna atase press IFI Surabaya.

Bekerjasama dengan sejumlah sekolah di Kota Surabaya yang memiliki jurusan tata boga atau program studi kuliner, serta hotel-hotel berbintang, IFI Surabaya, menggelar Pekan Cita Rasa yang jadwalnya tidak berbeda jauh dengan perhelatan di negara asalnya di Prancis, yaitu pada 13 – 18 Oktober 2014.

“Mulai dari demo memasak, master class culinary, pengenalan rempah-rempah, pameran foto berkaitan dengan kuliner hingga pemutaran film-film bertema kuliner, digelar. Bersama dengan para Chef hotel bintang 5, demo memasak digelar disekolah-sekolah,” tambah Pramendha.

Sementara itu, Pekan Cita Rasa sendiri, lanjut Pramendha, merupakan kesempatan bagi calon chef dari sekolah-sekolah dengan program studi kuliner atau tata boga untuk mempraktikkan keahlian mereka bersama chef berpengalaman internasional. Chef profesional akan berbagi pengalaman mereka kepada para siswa melalui acara demo masak.

“Ini juga jadi kesempatan sekolah-sekolah dengan program studi tata boga atau kuliner untuk menghadirkan siswanya agar dapat belajar langsung dari para Chef hotel berbintang diberbagai demo memasak. Sedangkan untuk pecinta film, pemutaran dilakukan di auditorium IFI Surabaya,” pungkas Pramendha Khrisna pada suarasurabaya.net, Senin (13/10/2014).(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
27o
Kurs