Senin, 29 April 2024

Oneng Sayangkan Minimnya Loket BPJS di Dr Soetomo

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Rieke (Oneng) Diah Pitaloka, Anggota Komisi IX DPR sayangkan masih minimnya loket BPJS yang dimiliki RSU Dr Soetomo, Surabaya. Menurut Rieke, rumah sakit sebesar Dr Soetomo harusnya memiliki loket BPJS lebih dari 10.

“Di sini hanya ada 6 loket, harusnya ada 11 biar tidak mengantre,” kata Rieke, di sela-sela mengunjungi loket BPJS yang dimiliki RSU Dr Soetomo Surabaya, Kamis (13/2/2014).

Selain jumlahnya yang minim, loket BPJS di RSU dr Soetomo juga belum terpisahkan. Misalnya, belum ada loket khusus lansia, juga belum ada loket khusus penerima bantuan iuran, maupun perpindahan dari Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Jamsostek ke BPJS, loket khusus perpindahan dari askes juga belum ada.

Dengan masih campurnya seluruh loket jadi satu, maka kondisi loket BPJS yang dimiliki RSU Dr Soetomo saat ini selalu dipenuhi antrian. Apalagi, loket BPJS di RSU Dr Soetomo ternyata juga sudah tutup pada pukul 13.00 WIB.

Rieke berharap, sebagai rumah sakit rujukan bagi pasien yang berasal dari Indonesia bagian timur, RSU Dr Soetomo bisa menjadi contoh baik pemberlakukan BPJS.

“Kita juga akan mendesak ada kerjasama dengan rumah sakit swasta sehingga antrian pasien tidak tertumpu di DR Soetomo,” kata Rieke.

Sekadar diketahui, kedatangan Rieke ke RSU Dr Soetomo merupakan bagian dari kunjungan komisi IX untuk memonitor pelaksanaan BPJS.

BPJS, kata Rieke, memang sudah salah sejak awal. Apalagi aturan turunan dari UU BPJS juga baru selesai pada Desember 2013. Padahal pada 1 Januari 2014, BPJS sudah harus dijalankan. “Sistem harus berubah hanya dalam waktu dua minggu, dari awal saya sudah yakin pasti akan ada kekisruhan di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, mendapat kunjungan ini, Dodo Anondo, Direktur RSU Dr Soetomo berjanji akan secepatnya menambah loket BPJS. “Kita memang sudah berencana, nanti ada 11 loket berjajar sehingga tidak ngantri lagi,” kata dia.

Terkait desakan loket harus buka hingga sore, Dodo mengatakan hal ini tidak bisa dilakukan karena kalaupun loket buka hingga pukul 15.00 WIB, tetap saja pasien tidak bisa ditangani karena poli yang ada di RSU Dr Soetomo juga sudah tutup. (fik/edy)

Teks Foto :
– Rieke Diah Pitaloka (baju merah berkacamata) ketika berada di RSU Dr Soetomo Surabaya.
Foto : Taufik suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs