Senin, 29 April 2024

RSU Dr Soetomo Luncurkan Ambulance Alphard

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Rumah Sakit Umum Daerah (RSU) Dr Soetomo Surabaya siapkan ambulance mewah kelas VVIP jenis Toyota Alphard. Ambulance dengan harga sekitar Rp1 miliar ini dikeluarkan khusus untuk melayani pasien premium dari kalangan atas yang menginginkan pelayanan prima.

“Ini memang khusus karena RSU Dr Soetomo juga melayani pasien kelas premium,” kata dr Dodo Anondo, direktur RSU dr Soetomo, Senin (15/9/2014). Menurut Dodo, ambulance Alphard ini dibeli dari dana fungsional RS.

Selain mewah, di ambulance Alphard ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti tabung oksigen, monitor, fentilator portable dan soction portable.

Bagi yang ingin menggunakan ambulance ini, RSU dr Soetomo membanderol Rp 300 ribu untuk tarif dasar dan untuk per kilometernya dikenakan biaya Rp 24 ribu.

Selain Alphard, untuk kelas menengah juga disediakan dua ambulance khusus VIP berjenis Kia Travello kelas minibus.

Menurut Dodo, ambulance Alphard ini juga disediakan untuk pejabat penting misalnya presiden dan wakil presiden juga menteri yang kebetulan berada di Jawa Timur dan memerlukan pelayanan cepat dari rumah sakit.

Selain tiga ambulan mewah ini, untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, kini juga ada 10 unit ambulance baru untuk menambah 8 ambulance yang telah ada.

Selain pengadaan ambulance, RSU Dr Soetomo sebenarnya juga telah minta ke Kementerian Kesehatan untuk pengadaan helikopter. “Sudah sejak 2010 kami minta tapi memang belum terpenuhi,” kata Dodo.

Padahal helikopter sangat diperlukan apalagi RSU dr Soetomo tidak hanya melayani masyarakat dari Surabaya melainkan juga dari pelosok Jawa Timur serta Indonesia bagian timur. (fik/ipg)

Teks Foto :
-Ambulance Alphard,
Foto : RSU dr Soetomo

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs