Minggu, 7 Maret 2021

Saat Menyeberang, Manfaatkan PCTL

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Demi ketertiban sekaligus keamanan di jalan raya, khususnya di kawasan padat lalu lintas, masyarakat diimbau untuk lebih memanfaatkan jalur penyeberangan Pedestrian Crossing Traffic Light (PCTL) yang disediakan Dinas Perhubungan.

“PCTL itu memang disediakan bagi pengguna pedestrian atau masyarakat yang akan menyeberang jalan. Dan PCTL itu dibangun sedemikian rupa, juga secara khusus dilengkapi dengan lampu traffic light,” terang Irvan Wahyudrajad.

Irvan Wahyudrajad Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya, menambahkan hingga Pebruari 2014 ini, sekurangnya 30 PCTL sudah dipasang di kawasan jalan yang padat lalu lintasnya.

“Dari catatan kami, hingga Pebruari 2014 ini sudah lebih dari 30 PCTL kami pasang diberbagai ruas jalan yang memang padat lalu lintasnya di Surabaya. Nantinya terus kami tambah,” ujar Irvan.

Dibanding dengan zebra cross, lanjut Irvan, PCTL lebih memiliki kelengkapan untuk antisipasi keamanan dan keselamatan bagi masyarakat yang menggunakannya.

Pedestrian Crossing Traffic Light (PCTL), tidak hanya zebra cross tetapi dilengkapi dengan tombol yang dapat memfungsikan traffic light. “Saat akan menyeberang, terlebih dulu menekan bel, dan TL akan berubah menjadi merah,” terang Irvan Wahyudrajad pada suarasurabaya.net, Senin (24/2/2014).

Oleh karena itu, kami mengimbau agar masyarakat dapat secara maksimal memanfaatkan PCTL yang ada di banyak tempat khususnya di jalan-jalan yang padat lalu lintasnya saat akan menyeberang.(tok/ipg)

Teks foto:
– Penyeberang jalan diimbau manfaatkan PCTL.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Potret NetterSelengkapnya

Cemengkalang Banjir

Kemacetan di Ngasinan

Kepadatan di Tol Sidoarjo

Sampah di dekat GOR Gapura Unesa

Surabaya
Minggu, 7 Maret 2021
31o
Kurs