Minggu, 5 April 2020

Soal Corby, Pemerintah Wajib Berikan Penjelasan Pada Masyarakat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Djoko Susanto dosen hubungan internasional Unair Surabaya, menegaskan bahwa pemerintah Republik Indonesia harus memberikan penjelasan kepada masyarakat luas terkait dengan pembebasan Schaphelle Leigh Corby terpidana narkoba asal Australia.

“Jika tidak, maka akan muncul berbagai spekulasi ditengah masyarakat yang berkaitan dengan kepastian hukum di negeri ini. Penjelasan rasional dibutuhkan untuk kasus Corby ini, walaupun grasi memang diwilayah pribadi presiden,” tegas Djoko Susanto.

Kata Djoko, penjelasan rasional dibutuhkan publik agar spekulasi terkait dengan pembebasan Corby dapat dipahami oleh segenap masyarakat. “Karena bukan rahasia lagi bahwa Australia sangat gemar melakukan tekanan-tekanan hukum bagi Indonesia,” kata Djoko.

Kasus eksekusi Amrozi, kasus Abu Bakar Baazir, ditambahkan Djoko juga mendapat intervensi oleh Australia. “Padahal sebagai sesama negara demokratis Australia tahu bahwa persoalan hukum terpisah dengan pemerintahan,” ujar Djoko.

Oleh karena itu, butuh penjelasan rasional dan dapat diterima secara luas, karena ini bukan persoalan nyawa satu Corby saja tetapi terkait juga dengan bagaimana hidup berbangsa dan bernegara serta harus melaksanakan kepastian hukum secara logis dan positif. “Pemerintah wajib menjelaskan persoalan ini,” terang Djoko Susanto.(tok/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Minggu, 5 April 2020
26o
Kurs