Senin, 13 Mei 2024

Sosialisaikan, Survey dan Perketat Rusunawa

Laporan oleh Larasati Putri Ayuningtyas
Bagikan

Agus Imam Sonhaji Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeko) Surabaya mengatakan tahun ini Pemkot Surabaya akan membangun belasan rusunawa baru untuk mengakomodasi kebutuhan tempat tinggal warga. Meskipun begitu, masih ada beberapa penghuni yang menyalahgunakan sewa dengan menjualnya kembali.

Dalam forum #DISKUSI yang diadakan fanpage facebook e100, Kamis (6/3/2014) sebagian SSNetters memberikan saran pada pemerintah kota agar penyalahgunaan tidak terjadi lagi di rusunawa. Mamad Brutukulinu dan Desy Hardiana menganggap pemerintah butuh sosialisasi yang luas serta jelas pada masyarakat. Mamad menulis “Sosialisasi ke media persyaratan apa aja untuk bisa tinggal di rusunawa tersebut karena banyak yang masih belum tau”

Selain itu, pemeritah kota juga harus melakukan survey siapa yang behak serta memberlakukan peraturan yang ketat. Soleman Dohawu, Eko Yulianto Wahyudi dan Galih S Trada misalnya. Mereka menulis jika perlu diberlakukan peraturan ketat seperti apartemen. “Gunakan RFID di e-KTP milik penyewa sebagai kunci masuk ke rusunawa. Jika selama sebulan tidak ada aktifitas buka/kunci pintu via eKTP, rusunawa langsung di-lock by system,” tulis Eko.

Setelah dua hal tersebut dilakukan jika di kemudian hari terjadi pelanggaran, harus ada sangsi yang tegas dari pemerintah kota. Seperti yang dikatakan oleh akun Mas Kudhori dan Abednego Hendry. Khudori menyarakan “Berantas mafia rusun mulai dari yg d beri wewenangpengelola sampai para yg mengaku keamanan lingkungan.”

Sementara itu hasil wawancara Radio Suara Surabaya dengan Dwijaya Wardhana-Kabid Fisik Sarana Prasaran Bappeko Pemkot Surabaya, rusunawa diperuntukkan buat masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Dalam perda diatur unit rumah susun ini bisa disewa masyarakat selama 3 th dengan 2x perpanjangan,” katanya. Jadi, maksimal masyarakat tinggal di rusun 9 th. Harapan Pemkot, di tahun ke-10 masyarakat sudah bisa mengumpulkan uang untuk membeli rumah di tempat yang lebih baik. (ham)

Teks Foto:
Hasil forum #DISKUSI yang dilakukan fanpage facebook e100

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
29o
Kurs