Sabtu, 27 April 2024

Ibu Rumah Tangga, Pekerjaan Tanpa Reward Tapi Hasilkan Generasi Emas

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Wanita itu kodrat tapi wanita yang mempunyai peran di rumah tanggan itu sungguh luar biasa. Ibu rumah tangga ibaratnya pekerjaan tanpa reward tapi bisa menghasilkan generasi emas atau luar biasa.

Pwee Leng Kepala Pusat Pendidikan Berkelanjutan UK Petra mengatakan, ibu rumah tangga penentu segalanya mulai dari keberhasilan anak sampai suami. Ketika anak dan suami melakukan hal buruk, selalu ditanya ibunya siapa. Tapi saat anak berprestasi, ayahnya yang akan tampil.

Oleh karena itu, ibu harus mampu mengembangkan diri sendiri karena nantinya perannya bisa mencerdaskan orang lain. Seorang ibu berkiprah di dalam keluarganya lebih dulu jadi ibu harus meningkatkan kompetensinya sendiri.

“Uniknya tidak bisa distandarisasi karena tiap keluarga mempunyai standart yang berbeda-beda. Di sini peran ibu sangat luar biasa, ibu bisa korbankan semuanya untuk keluarga,” kata Pwee Leng pada Radio Suara Surabaya.

Saat ini, lanjut dia, peran antara laki-laki dan perempuan itu hampir sama. Apalagi pasangan keluarga sekarang sudah saling mendukung. Dimanapun mereka berkarya, keluarga menjadi nomor satu. Keberhasilan di luar semakin besar ketika keberhasilan di dalam keluarga juga ada.

“Berkorban bagi seorang ibu itu penting. Beruntunglah bagi perempuan yang tidak suka shopping. Mereka harus rela melakukan apa yang kita sukai untuk keluarga. Hanya sekedar memasakkan keluarga, membawakan bekal untuk anak itu kebahagiaan yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Intinya, tambah dia, dalam satu keluarga tidak perlu ada sikap saling menuntut. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs