Rabu, 24 April 2024

Kotak CVR AirAsia Diangkat Tiga Penyelam

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Black box Cockpit Voice Recorder (CVR) AirAsia QZ8501 yang berada di bawah laut berhasil diangkat oleh tiga penyelam dari TNI Angkatan Laut. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Kotak black box Cockpit Voice Recorder (CVR) Pesawat AirAsia QZ8501 yang berada di bawah laut berhasil diangkat oleh tiga penyelam dari TNI Angkatan Laut. Itupun dilakukan secara bergantian untuk melakukan pengecekan dan memastikan CVR aman.

“Yang mengangkat itu Letnan Satu Laut Aang Zaenal, Sersan Satu Widodo, dan Sersan Dua Rajab Suwarno,” kata Pangarmabar Laksamana Muda Widodo, dalam keterangan pers, di Lapangan Udara Ikandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Selasa (13/1/2015).

Widodo mengatakan penyelaman dimulai dari pukul 05.30 Wib, dilakukan tiga penyelam turun ke bawah laut. Kemudian, naik lagi ke atas permukaan laut. Setelah itu sekitar pukul 06.50 penyelam kedua kembali ke bawah laut.

“Baru pukul 07.13 penyelam kedua menemukannya dan memastikan kalau temuannya itu CVR,” terang jenderal bintang dua.

Widodo menjelaskan, tim penyelam yang melakukan operasi pencarian korban pesawat AirAsia QZ8501 selalu pada pagi hari. Karena, melakukan penyelaman juga harus melihat kondisi cuaca.

Terutama dibawah laut, apabila gelombang laut cukup tinggi. Maka penyelam tidak akan melakukan aktifitas pencarian dibawah laut, terutama di siang hari, diatas pukul 11.00 Wib.

“Penyelam kita selalu memanfaatkan cuaca, dan dilakukan pagi, mulai pukul 05.30 hingga pukul 11.00 Wib. Karena, pagi gelombang masih 0 koma, atau gelombangnya sekitar 1 meter,” terang dia.

Penemuan CVR tersebut diiyakini oleh Tatang Kurniadi Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang telah melihat dan menerimanya langsung saat berada di KRI Banda Aceh. (riy/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs