Selasa, 30 April 2024

Kunjungan ke Orang Sakit Bisa Bantu Penyembuhan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Kunjungan kepada teman atau keluarga yang sedang sakit berdasarkan hasil penelitian dapat membantu penyembuhan disamping pemberian obat.

“Walaupun obat-obatan memegang peran penting dalam menyembuhkan penyakit, perawatan yang disampaikan dengan kehangatan dan kasih sayang juga dapat mempercepat proses penyembuhan,” kata Dra. A. Kasandra Putranto psikolog dalam peluncuran kampanye Lovermula yang diselenggarakan OBH Combi di Jakarta, Kamis (1/10/2015) seperti dilansir Antara.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kehangatan dan kasih sayang terbukti mampu memperbaiki tingkat kesehatan yang lebih besar daripada efek obat saja, menurunkan tingkat keparahan penyakit hingga 16 persen, serta menurunkan tekanan darah ketika dalam kondisi stress.

Saat ini, berbagai survei dan penelitian menunjukkan bahwa tren masyarakat Indonesia semakin sibuk dan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gadget dan dunia digital. Mengutip data yang dimiliki eMarketer, pada akhir 2015 diperkirakan sekitar 55 juta pengguna smartphone di Indonesia

Kemajuan teknologi komunikasi (digital) memang banyak memberikan dampak positif dalam kehidupan sosial dan komunitas. Namun, kondisi tersebut kadang membuat kita lupa dengan orang-orang terdekat kita (keluarga, pasangan, dan sahabat).

Karena itu, lanjut Weitarsa, pentingnya memberikan kehangatan, perhatian dan kasih sayang yang tulus dengan orang atau lingkungan sekitar, terlebih ketika orang yang kita cintai sedang sakit. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
33o
Kurs