Senin, 6 Mei 2024

Open House IFI Surabaya, Mencicipi Lezatnya Tomates Farcies

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tomates Farcies sajian khas Prancis di Open House IFI Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Tangan-tangan terampil itu, tak henti mengisikan Daging Sapi cincang dengan rempah khusus asal Prancis. Potongan Tomat segar lantas dijejali daging untuk menyulapnya sebagai Tomates Farcies, sebuah menu ala Prancis.

Buah Tomat segar dengan isian daging sapi cincang itu lalu dimasukkan ke dalam oven pemanas, setelah sebelumnya ditaburi parutan keju. Setelah sekurangnya 5 menit dipanaskan, Tomates Farcies dikeluarkan dari oven pemanas. Dan, voila!!! Tomat segar dengan lelehan keju terlihat cantik dan siap disantap.

“Rasanya segar. Ada rempah-rempah, daging sapi cincangnya juga terasa banget. Terus tomatnya itu asem-asem enak. Kejunya bikin tambah gurih, waktu tomatnya ikut kegigit. Ini satu di antara makanan enak dari Prancis yang pernah lebih dari satu kali saya cicipi. Enak dan segar gitu,” ujar Fika pelajar yang datang di open house IFI Surabaya, Sabtu (28/2/2015).

Veronique Mathelin Direktur IFI Surabaya sendiri, tampak mendampingi para pengajar yang sibuk mengatur dan menyediakan berbagai hal, diantaranya adalah kuliner khas Prancis kepada pengunjung yang hadir di open house yang digelar Institute Francaise Indonesia (IFI) Surabaya.

“Tomates Farcies makanan ringan asal Prancis. Rasanya memang segar. Biasanya jadi makanan pendamping untuk makan bersama-sama dengan rekan-rekan atau kawan-kawan sejawat. Ini sajian paling dikenal di Prancis. Selain mudah membuatnya, Tomates Farcies juga cocok ditampilkan pada kesempatan apa saja,” kata Veronique Mathelin pada suarasurabaya.net.

Dalam acara ini, dijadwalkan ada juga lomba Karaoke bahasa Prancis, pameran studi kampus Prancis, kebudayaan Prancis, serta pemutaran film Prancis. “Pemutaran film kami agendakan dengan menampilkan film Asterix Obelix, yang dapat disaksikan secara terbuka untuk pengunjung semuanya,” kata Pramendha Khrisna Atase Press IFI Surabaya.(tok/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs