Jumat, 24 Mei 2024

UK Petra Buka Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siswa SD diwilayah Indonesia bagian timur. Foto: teras-pembelajaran.blogspot.com

Universitas Kristen (UK) Petra akan buka program studi baru Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dengan program baru ini, diharapkan muncul banyak tenaga pendidik baru yang bisa menjawab kesenjangan distribusi tenaga pendidikan yang selama ini terjadi.

“Program Studi ini akan memulai penyelenggaraan pendidikan bagi para calon Guru yang kehadirannya sudah dinantikan di sekolah-sekolah yang sangat membutuhkan kehadiran guru-guru dengan kemampuan akademik, emotional, dan spiritual excellent,” kata Prof. Ir. Rolly Intan, M.A.Sc.Dr.Eng., Rektor Universitas Kristen Petra Surabaya, Senin (21/12/2015).

Sekolah-sekolah SD di Indonesia, kata Rolly, selama ini banyak diisi oleh para guru yang kebanyakan memiliki latar belakang pendidikan strata satu non-guru. Pendidikan strata satu memang memberikan penguasaan bidang ilmu masing-masing, namun tidak memberikan dasar pemahaman yang kuat tentang hal mendasar yang dibutuhkan di SD, misalnya, tahap perkembangan anak termasuk berkebutuhan khusus, parenting, cara penyampaian materi pelajaran pada anak, serta transformasi karakter anak didik.

Menurut dia, prodi PG SD UK Petra ini nantinya berada di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan dengan masa tempuh studi delapan semester. Perkuliahan yang akan dimulai pada bulan September 2016 tersebut mengemas proses perkuliahannya tak hanya pandai text book melainkan juga memberikan ketrampilan penelitian inovatif dan kreatif yang berbasiskan pembelajaran peduli pada sesama (service learning).

“Dengan dibukanya program baru ini, UK Petra dengan tujuh Fakultas diharapkan mampu menjawab kebutuhan Negara Indonesia akan tenaga pendidik yang berkualitas dan berintegrasi,” kata Rolly.

UK Petra juga ingin memajukan kualitas pendidikan anak bangsa dengan terus mengembangkan diri yang dalam waktu dekat akan mendapatkan ijin operasional dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia untuk program studi yang baru lainnya yaitu Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Strata 2 (S2) Teknik Industri dan Strata 3 (S3) Teknik Sipil.(tok/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Jumat, 24 Mei 2024
32o
Kurs