Senin, 20 Mei 2024

Awas, Iklan Penipuan Rekruitmen CPNS Abal-Abal Beredar di Media

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Kolom iklan abal-abal yang ada di sebuah koran. Foto : capture

Pemerintah Jawa Timur imbau masyarakat tak begitu saja percaya dengan iklan lowongan rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang beberapa waktu lalu muncul di sebuah koran terbesar di Jawa Timur.

“Saat ini tidak ada rekruitmen CPNS, lowongan itu palsu jadi masyarakat harus hati-hati,” kata Siswo Herutoto, Kepala badan kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur, Senin (7/3/2016).

Sekadar diketahui, pada hari Sabtu (5/3/2016) kemarin tepatnya di halaman 6 salah satu surat kabar terbesar di Jawa Timur memang memuat iklan kolom tentang lowongan CPNS.

Pantauan suarasurabaya.net, iklan tersebut berisi “Penyelenggara Seleksi Kepegawaian untuk Provinsi Jawa Timur 2016”. Dalam iklan kolom itu juga tertuang beberapa kebutuhan lowongan CPNS diantaranya Dinas Komunikasi dan Informasi Jatim membutuhkan 7 orang, Dinas Tata Usaha/Administrasi membutuhkan 15 orang, serta Dinas Pengelolaan Keuangan membutuhkan 5 orang pegawai baru.

Selain itu juga Bagian Audit membutuhkan 3 orang, Bagian Promosi dan Perizinan membutuhkan 11 orang dan Bagian Pelayanan Terpadu membutuhkan 15 orang.

Yang janggal di iklan itu adalah, para pendaftar diminta mengirimkan berkas lamaran ke Dinas Penyelenggara Ujian PO BOX 1569 SB 60015 dengan mencantumkan Dinas/Bagian yang dilamar paling lambat 15 Maret 2016. Padahal di Pemerintah Jawa Timur tidak ada namanya Dinas Penyelenggara Ujian. Penerimaan CPNS biasanya digelar oleh BKD.

Terkait hal ini, Siswo mengaku sedang mengkaji dan tidak menutup kemungkinan akan segera melaporkan pemasang iklan tersebut. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
26o
Kurs