Minggu, 19 Mei 2024

Hari Ini, Presiden Resmikan Tol Sumo dan Waduk Nipah

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Tol Surabaya - Mojokerto yang akan diresmikan Joko Widodo Presiden RI, Sabtu (19/3/2016) hari ini. Foto: Sugiarto via @e100ss

Joko Widodo Presiden RI dijadwalkan meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) seksi 4 di Mlirip, Mojokerto, dan Waduk Nipah di Sampang Madura, Sabtu (19/3/2016).

Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur mengatakan, presiden dijadwalkan tiba di Bandara Juanda Surabaya pada pukul 10.20 WIB. Setelah itu, presiden langsung menuju Mojokerto untuk meresmikan tol Sumo.

Pembangunan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto yang akan diresmikan sepanjang 18,47 Km dan nantinya masih akan ada 16,01 Km yang masih dalam proses pengerjaan dan diharapkan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto dapat beroperasi penuh pada tahun 2017.

Pria yang akrab disapa Gus Ipul ini mengatakan, tahun ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menggenjot pembebasan tanah di wilayah Tol Sumo. Sehingga, tahun depan mulai dari seksi 1 hingga 4 sudah bisa tersambung.

“Diharapkan, tol ini akan mengurangi kepadatan Surabaya-Ngawi. Terutama di wilayah Medaeng yang padat sekali. Tol ini diharapkan mengurangi kepadatan di jalan protokol,” kata dia kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu.

Setelah itu, kata Gus Ipul, dari Mojokerto Presiden akan langsung menuju Kabupaten Sampang untuk meresmikan Bendungan Waduk Nipah di Desa Montor Kecamatan Banyuates, Sampang, Madura, pada pukul 11.00-12.00 WIB dengan menggunakan helikopter.

Dijadwalkan, Presiden akan meresmikan Bendungan Nipah tersebut pada pukul 13.00 WIB. Bendungan Nipah yang merupakan salah satu dari 65 bendungan yang akan dibangun pemerintah dalam kurun waktu 2015-2019.

Bendungan Nipah nantinya dapat mengairi sawah seluas 1.150 Ha, yang terdiri dari 925 Ha sawah baru yang merupakan pengembangan sawah tadah hujan. Sisanya, seluas 225 Ha, merupakan areal sawah existing. Manfaat lain bendungan ini adalah sebagai konservasi sumber daya air, sebagai obyek pariwisata dan untuk perikanan ikan tebar.

Gus Ipul mengatakan peresmian Bendungan Waduk Nipah diharapkan akan meningkatkan komoditas pertanian di wilayah tersebut.

“Di Pulau Madura banyak sawah tapi masih mengandalkan tadah hujan. Dengan adanya waduk ini, diharapkan bisa mengaliri 10.000 hektar lebih sawah yang ada disana. Sehingga bisa meningkatkan komoditas pertanian di Pulau Madura,” ujar dia.

Pada malam harinya, Joko Widodo Presiden akan menghadiri resepsi pernikahan anak ketiga Soekarwo Gubernur Jawa Timur di Grand City Mall, Surabaya.

“Setelah itu Presiden langsung balik ke Jakarta, tidak menginap di Surabaya,” kata dia.(dop/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
27o
Kurs