Jumat, 26 April 2024

Hari Terakhir Pelaporan PPh, Antrean di KPP Pratama Melonjak

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Antrean pelapor Pajak Penghasilan Perusahaan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya yang melayani area Krangpilang, Selasa (20/9/2016). Foto: Farid suarasurabaya.net

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya, Karangpilang, Wonokromo dipadati pengunjung, Selasa (20/9/2016). Sejak siang hingga sore, kendaraan roda dua dan roda empat memenuhi areal parkir kantor pajak.

Berdasarkan informasi di lapangan, kepadatan terjadi karena hari ini adalah hari terakhir pelaporan Pajak Penghasilan (PPh) Perusahaan.

Selain itu, wajib pajak yang ingin ikut program tax amnesty periode pertama juga turut menyumbang kepadatan.

Rian Cahyana, pegawai PT Pakuwon yang akan membayar PPh perusahaan mengatakan, biasanya antrean pelapor pajak tidak sebanyak ini.

“Biasanya tidak seramai ini yang melapor pajak, dan paling lama 2 jam sudah selesai urusan ini. Tapi sekarang saya sudah sekitar 4 jam mengantre,” ujarnya.

Jelang berakhirnya program tax amnesty periode I, 30 September 2016, antusiasme pesertanya meningkat.

Berdasarkan data kantor pelayanan pajak wilayah Wonocolo, hari ini ada kenaikan jumlah peserta sekitar 100 persen.

Kalau pekan awal September hanya sekitar 60 orang yang berkonsultasi, di pekan ke empat ini tiap harinya ada lebih dari 100 orang, baik yang konsultasi maupun melaporkan.

Hal ini disinyalir karena uang tebusan pengungkapan harta hanya sebesar dua persen.

Apabila wajib pajak ikut Tax Amnesty periode II (Oktober-Desember 2016), uang tebusan yang harus dibayar sebesar 3 persen. Dan, periode III (Januari-Maret 2017) sebesar 5 persen. (rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs