Rabu, 1 Mei 2024

Ini Rekayasa Lalu Lintas Bila Mengkreng Kediri Macet

Laporan oleh Tito Adam Primadani
Bagikan
Polantas mengatur kendaraan untuk mengantisipasi kemacetan di Simpang Empat Mengkreng, Kertosono, Nganjuk, Jawa Timur 2015 lalu. Foto: Antara

Jalur Simpang Empat Mengkreng, Kediri, merupakan jalur yang sering dilalui para pemudik yang mengarah ke 4 Kota yang berbeda. Antara lain Nganjuk, Kediri, Jombang, dan Kertosono. Polda Jatim memastikan, kemacetan akan terjadi di kawasan tersebut akibat adanya jalur yang menyempit di Wilayah Nganjuk.

Sementara, dari arah Jombang ke Nganjuk kendaraan harus menurunkan kecepatan. Sebabnya, kereta api yang melintasi kawasan itu sebanyak 30 kali dalam sehari. Selain itu, jalan di kawasan itu bergelombang. Selain itu, Ditlantas Polda Jatim mencatat, banyak parkir liar di area PKL Souvernir dan makanan oleh-oleh di Simpang Empat Mengkreng.

Ditlantas Polda Jatim telah menyiapkan beberapa langkah tindakan untuk mengantisipasi kepadatan. Langkah pertama, bila terjadi kemacetan dari Jombang dan Nganjuk, pihak kepolisian akan memasang water barier untuk mengurangi adanya crossing dari arah Kertosono menuju Kediri.

Pengalihan arus dari Jombang menuju Kediri akan dialihkan melewati Jati Pelem hingga Plemahan. Sedangkan dari Jombang menuju Nganjuk akan dialihkan menuju Jati Pelem-Gudo-Kunjang-Plemahan-Simpang 4 Papar-Jembatan Baru Kelutan.

Langkah kedua, bila memungkinkan, Ditlantas Polda Jatim akan menerapkan sistem buka tutup arus lalu lintas. Tujuannya, agar jembatan Kertosono hanya dilalui satu arah. Bahkan, pihak lantas di beberapa kawasan tersebut, akan membuat pagar betis di sepanjang jalur pertokoan untuk meminimalisir bus yang berhenti. Mobil derek juga akan disiagakan selama 24 jam bila ada kendaraan yang mogok di kawasan itu.

Jalur alternatif pun juga sudah disiapkan bila memang Mengkreng padat. Dari arah Jombang bisa melewati Jati Pelem – Gudo – Plemahan – Papar – Ngronggot – Tanjung Anom – Baron – Nganjuk untuk mengurangi kepadatan. Jalur tersebut diutamakan arus dari arah Timur ke Barat. Namun menurut data dari Ditlantas Polda Jatim, harapannya Jembatan Papar sudah dapat dioperasikan.

Berdasar data dari Ditlantas Polda Jatim, hal ini juga berlaku sama bila Mengkreng hingga Nganjuk terjadi kemacetan panjang. Arus lalu lintas dari arah Jombang akan diarahkan menuju Jati Pelem – Gudo – Plemahan – Papar – Ngronggot – Tanjung Anom – Loceret – Pace – Berbek – Bagor.(tit/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
26o
Kurs