Selasa, 14 Mei 2024

Polisi Usut Penyebar Isu TKA China Padati Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Kombes Pol Awi Setiyono Kabag Mitra Ropenmas Divisi Humas Polri, di Mabes Polri, Senin (26/12/2016). Foto: Farid suarasurabaya.net

Polri masih mengusut penyebar isu masuknya jutaan tenaga kerja China ke Indonesia, di media sosial, yang meresahkan masyarakat.

“Penyidik Mabes Polri dan Polda Metro Jaya sudah sekitar empat hari mencari orang yang pertama menyebarkan isu itu,” kata Kombes Awi Setiyono Kabag Mitra Ropenmas Divisi Humas Polri, di Jakarta, Senin (26/12/2016).

Polisi, lanjut mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur, juga menggunakan data intelijen, dan melakukan pemeriksaan digital forensik untuk menemukan pelakunya.

Sekadar diketahui, polisi bisa menindak penyebar informasi yang menimbulkan kebencian, dengan Pasal 28 ayat (2) Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Pasal itu mengancam siapapun yang dengan sengaja dan tanpa hak, menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu, berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan.

Mereka yang melakukan, terancam pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar, seperti diatur dalam Pasal 45 ayat (2) UU ITE. (rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
32o
Kurs