Jumat, 19 April 2024

Warga Lakarsantri Gelar Sedekah Bumi Syukuri Penghasilan Setahun

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Warga RW 4 Kelurahan Lakarsantri, Minggu (18/9/2016) siang ini menggelar Sedekah Bumi sebuah tradisi mensyukuri penghasilan warga selama setahun. Foto: Denza suarasurabaya.net

Warga RW 4 Kelurahan Lakarsantri, Minggu (18/9/2016) siang ini menggelar Sedekah Bumi sebuah tradisi mensyukuri penghasilan warga selama setahun.

Sebuah tumpeng raksasa yang diangkut dengan gerobak berisi sayur mayur sudah disiapkan di lahan kosong di RT 3 RW 4.

Warga dari masing-masing RT juga telah membawa tumpeng masing-masing di atas tempeh sebagai bagian dari rangkaian tradisi yang sudah berlangsung puluhan bahkan mungkin ratusan tahun lalu.

Armono Ketua RW 4 Kelurahan Lakarsantri mengatakan, tradisi ini sudah berlangsung sejak zaman nenek moyang dulu, sekitar beratus-ratus tahun lalu.

“Jadi ini memang acara tahunan yang kita laksanakan bersama-sama dengan warga dan tradisi ini kita pertahankan sampai sekarang,” kata dia.

Tujuan dari tradisi dan ritual ini, kata dia, sebagai ucapan syukur pada Tuhan dimana selama satu tahun ini sudah diberkahi.

“Kalau dulu memang yang kita persembahkan adalah hasil dari bumi seperti sayur mayur, singkong dan apapun yang kita hasilkan dari cocok tanam itu yang kita persembahkan di salah satu tempat. Tapi seiring kemajuan zaman, warga akhirnya beralih. Jadi apa yang kita persembahkan adalah dari hasil yang kita dapatkan selama satu tahun,” ujar dia.

Tak hanya itu, kata dia, nanti juga akan ada kegiatan rebutan tumpeng raksasa. Kegiatan ini simbol dari keguyupan, persaudaraan masyarakat satu dengan yang lain.

Proses pembuatan tumpeng raksasa ini sebenarnya tidak memakan waktu yang lama.

Persiapan kerangka tumpeng raksasa hingga belanja kebutuhan tumpeng dilakukan dalam waktu dua hari. Tapi pengerjaannya sejak pagi hingga pagi lagi.

Dana untuk tumpeng ini juga untuk seluruh rangkaian acara kegiatan sedekah bumi merupakan hasil patungan warga RW 4 Lakarsantri.

Rencananya, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya juga akan hadir dalam acara sedekah bumi ini. (den/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs