Senin, 13 Mei 2024

Gus Ipul Berharap Jatim Tetap Kondusif Saat Daerah Lain Memanas

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur ketika berorasi di hadapan puluhan mahasiswa, Kamis (12/1/2017). Foto: Taufik/Dok. suarasurabaya.net

Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Wakil Gubernur Jawa Timur berharap situasi Jawa Timur masih tetap kondusif dan tidak terpengaruh situasi yang ada di daerah lain terutama situasi di Jakarta.

“Kita ingin hiruk pikuk di daerah lain tidak sampai menjadikan situasi Jatim tidak aman. Kita ingin perbedaan bisa diselesaikan dengan musyawarah dan santun tidak saling gontok-gontokan,” kata Gus Ipul seperti dalam siaran persnya kepada suarasurabaya.net, Minggu (22/1/2017).

Menurut Gus Ipul kesenjangan yang terjadi di masyarakat adalah penyebab utama dari terus memanasnya situasi nasional. Apalagi politik dan keberagaman saat ini juga dibuat gaduh dan saling mencaci sehingga meruntuhkan rasa nasionalisme berbangsa.

Gus Ipul juga prihatin dengan banyaknya simbol-simbol negara yang saat ini juga banyak yang dipermainkan yang berujung pada aksi saling mengancam.

“Hari ini saya dapat foto viral dimana wayang dikatakan bukan budaya Islam. Informasi ini sepertinya sepele tapi tentu sangat mengganggu. Kita tentu prihatin,” kata Gus Ipul.

Padahal, kata Gus Ipul, wayang sejatinya adalah warisan budaya yang telah ada sejak sebelum kemerdekaan dan dijadikan sebagai media dakwah oleh para wali songo pembawa Islam ke Indonesia

“Kalau wayang dianggap bukan Islam dan dilarang, nanti lama-lama arisan juga akan dilarang,” kata Gus Ipul.(iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
29o
Kurs