Jumat, 3 April 2020

Museum Budaya Unair Punya Koleksi Benda Antik dari Dinasti Tiongkok

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
(Dari kanan) Mohammad Faisal Hasan Mujaddin, Ikhsan Rosyid, dan Edy Budi Santoso di Museum Sejarah dan Budaya Unair. Foto: Humas Unair

Koleksi Museum Sejarah dan Budaya Universitas Airlangga bertambah. Museum ini mendapatkan sumbangan barang-barang antik sejak peradaban Cina Dinasti Ming, Jing, Sung, maupun Tang. Sumbangan ini menambah koleksi museum yang sebelumya hanya terbatas koleksi-koleksi dari dalam negeri.

Barang-barang antik tersebut berasal dari sumbangan keluarga Aminuddin yang merupakan profesor peneliti dari Museum Nasional RI.

Mohammad Faisal Hasan Mujaddin., M.A., putra Aminuddin, menyerahkan secara simbolis barang-barang pada Senin (28/8/2017) di Museum Sejarah dan Budaya, Fakultas Ilmu Budaya, Unair.

Sementara, Edy Budi Santoso., S.S., M.A koordinator Museum Sejarah dan Budaya Unair mengatakan, jumlah barang antik yang disumbangkan ada 12, meliputi barang dari berbagai macam dinasti, Ming, Jing, Sung, maupun Tang. “Semuanya sangat berharga dan masuk katalog cagar budaya,” ujarnya.

Penambahan koleksi ini dikatakan Edy dapat menambah wawasan kepada mahasiswa maupun generasi muda lainnya, bahwa kini, warisan budaya bukan saja memiliki nilai historis yang tinggi namun juga memiliki nilai nominal yang tidak sedikit.(iss/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Surabaya
Jumat, 3 April 2020
30o
Kurs