Jumat, 3 Mei 2024

Pemerintah Siapkan 14 Ribu CPNS Muda Gantikan Petugas Lapas yang Lama

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Yasona Hamonangan Laoly Menteri Hukum dan HAM. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Yasona Hamonangan Laoly Menteri Hukum dan HAM sudah menyiapkan 14 Ribu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk ditempatkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

“Kami bersyukur tahun ini kami menerima 14 ribu pegawai. Ini untuk menambah kekuatan kami, nanti kami gunakan yang fresh blood (darah muda) ini, kita train (latih), karena yang lama-lama sudah banyak terkontaminasi. Sudah banyak enggak benarnya,” ujar Menkumham di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Tenaga-tenaga muda itu nanti, kata Yasona, akan dilatih oleh TNI, sehingga benar-benar siap, terutama soal mental. “Kita buat assesment. Assesment yang betul-betul melalui ahli dari Angkatan Udara, setiap Kalapas-Kalapas ini,” kata dia.

Yasona beralasan, CPNS Muda untuk penempatan di Lapas ini melebihi dari jumlah yang diperlukan karena Kalapas dan petugas Lapas yang sudah lama kalau digeser atau dipindah mentalnya juga tidak berubah.

“Kami geser kemanapun ya itu-itu juga. Kita geser kesini pun terbatas orang-orang kami. Maka saya bersyukur kami dapat 14 ribu sekarang, kami betul-betul akan train mereka dan ini akan kami konsentrasikan melebihi jumlah yang seyogyanya. Misalnya di tempat yang ini, menunggu nanti suatu saat kita punya anggaran yang cukup untuk membuat lapas di daerah-daerah terluar,” kata Yasona.

Menurut Yasona,14 ribu CPNS ini adalah yang fresh lulusan SMA, sehingga betul-betul fisiknya bagus.

Petugas Lapas yang muda-muda ini nanti, kata Menkumham, akan tetap tidak takut menghadapi Napi-Napi berlatar belakang Preman atau kriminal lainnya karena sebelum bertugas sudah dilatih oleh TNI maupun Brimob.

“Nah ini kan, ini kan kami siapkan mentalnya dong. Tentu ada supervisi, ada supervisor. Ya, itu akan kita siapkan betul-betul. Mereka akan kita train dengan Brimob dan TNI,” tegas Yasona.

Dia menegaskan, saat ini, pemerintah sedang menyiapkan anggaran untuk melatih 14 Ribu CPNS Lapas ini. “Ini anggarannya sedang kita siapkan untuk training mereka,” jelas Menkumham.(faz/den/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs