Senin, 6 Mei 2024

Poster Satir Sambut Hari Ibu di Ubaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Para mahasiswa melihat poster-poster satir yang dipamerkan di kantin kampus Ubaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Menyambut perayaan Hari Ibu 22 Desember, mahasiswa Desain Manajemen Produk Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (Ubaya), Rabu (20/12/2017) menggelar pameran Poster Satir.

Poster Satir merupakan ekspresi dalam bentuk poster yang diharapkan menjadi pengingat bagi anak muda untuk peduli dan berbagai kasih sayang kepada orang tua khususnya kepada sosok Ibu, yang sudah merawat mereka.

Biasanya, Poster Satir berbentuk poster yang berisi gambar semi karikatur bertujuan menyentil, mengingatkan atau mengajak pemirsanya menyadari sesuatu.

“Pameran ini ingin menyentil perilaku anak muda terutama mahasiswa yang lebih mementingkan eksistensi di lingkungan sosialnya daripada keluarganya terutama sosok Ibu,” terang Marcellinus Aldo ketua panitia.

Kadang tanpa disadari, perilaku anak-anak muda itu, kata Aldo sering membuat Ibu menjadi sedih. “Tapi bisa jadi hal itu tidak mereka sadari. Dan poster-poster ini kami coba untuk mengingatkan anak-anak muda terkait sikap atau atitute mereka pada masing-masing Ibu,” tambah Aldo.

Lebih dari 100 karya poster dihasilkan oleh 38 mahasiswa semester V, yang seluruhnya memilih warna hitam dan putih saja. Poster-poster berukuran A3 ini, sebagian ditempel pada pertisi dan sebagian lagi bergantungan pada hampir seluruh bagian dinding kantin kampus Ubaya.

“Konsep pameran poster satir berwarna hitam putih ini ingin menggambarkan sisi baik dan ada sisi buruk dalam hidup. Sebagai bentuk kampanye pada Hari Ibu ini, poster satir karya para mahasiswa ini ingin menyuguhkan sisi lain, bukan sekedar celebration,” papar Guguh Sujatmiko, S.T., M.Ds., dosen pembimbing.

Momen Hari Ibu, lanjut Guguh bukan hanya kiasan dengan hanya memberi ucapan selamat dan mengunggahnya di media sosial saja, namun juga mengingatkan kita pada sosok dan jasa besar seorang Ibu. “Semoga pameran ini memberikan makna positif bagi mahasiswa tentang sosok seorang Ibu,” pungkas Guguh.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs