Sabtu, 27 April 2024

Setelah Lebaran, Mobil Unit Donor Darah Kembali Ramai

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Anggota Satpol PP Kota Surabaya mendonorkan darahnya di mobil unit PMI Surabaya di Taman Bungkul. Foto: Totok suarasurabaya.net

Setelah tutup selama masa Lebaran 2017, dan kembali buka melayani pendonor darah, mobil unit layanan donor darah PMI Kota Surabaya, Jumat (30/6/2017) di Taman Bungkul Jl. Raya Darmo Surabaya, kembali ramai.

Agung Tri Jutanto Humas PMI Kota Surabaya, mengatakan layanan mobil unit yang biasanya mangkal di kawasan Taman Bungkul Surabaya kembali buka dan memberikan layanan kepada masyarakat yang akan mendonorkan darahnya.

“Setelah libur Lebaran, kami kembali buka dan menempatkan mobil unit layanan di Taman Bungkul. Ini memang memberikan kemudahan masyarakat yang akan mendonorkan darahnya. Sambil bersantai di Taman Bungkul bisa donor darah,” kata Agung Tri Jutanto.

Setiap hari, mobil unit layanan donor darah, lanjut Agung melayani masyarakat mulai sekitar pukul 09.00 wib sampai selesai. Setiap hari dibagi dalam dua shift, yang biasanya berganti menjelang pukul 15.00 wib.

Setiap shift, pada hari-hari biasa sekurangnya 5 orang pendonor darah hadir mendonorkan darahnya. “Kalau akhir pekan dan hari libur biasanya menjadi tambah banyak. Seperti sekarang ini, setelah tutup Lebaran dan sekarang buka kembali pasti ramai,” ujar Agung.

Setiap pendonor, di layanan mobil unit maupun di UTD PMI Surabaya wajib terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan serta HB darah agar bisa ikut donor darah. “Pemeriksaan kesehatan dan HB darah wajib. Meskipun di mobil unit layanan tetap harus diperiksa dulu,” tutur Agung.

Sementara sampai Jumat (30/6/2017) stok persediaan darah di PMI Kota Surabaya aman dan masih terus memberikan layanan kepada masyarakat yang membutuhkan. “Termasuk layanan donor darah juga tetap kami buka,” pungkas Agung.

Sekurangnya 9 orang calon pendonor darah, sudah mengisi formulir pendaftaran dan menunggu giliran pemeriksaan kesehatan, Jumat (30/6/2017) di mobil unit layanan donor darah PMI Surabaya di Taman Bungkul Jl. Raya Darmo.(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs