Senin, 6 Mei 2024

Tim Anti Bandit Meringkus Spesialis Pencurian di Mall

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Press Relase Kasus Pencurian di Polrestabes Surabaya hari ini. Foto: Istimewa

Tim Anti Bandit Satreskrim Polrestabes Surabaya berhasil menangkap pelaku pencurian spesialis di tempat perbelanjaan dan gerai makanan, Senin (27/11/2017).

Pelaku berinisial ER (47), warga Desa Larangan Gresik.

AKBP Leonard Sinambela Kasat reskrim Polrestabes Surabaya mengatakan pelaku merupakan residivis di Jakarta tahun lalu dengan kasus yang sama, kemudian pergi ke luar kota. Pelaku sering melakukan pencurian di beberapa kota besar.

“Pelaku pernah melakukan aksinya di sebuah kedai minuman di daerah Grahadi Surabaya. Selain itu, ia juga pernah beraksi disebuah kedai makanan di Jalan Dukuh Kupang Surabaya, Sabtu (18/11/2017),” kata Leo di Polrestabes, Senin (27/11/2017).

Modus kejahatan ini, Kata Leo, pelaku memesan makanan atau minuman, kemudian mengincar korbannya dengan duduk didekat korban sambil berpura-pura telfon. Setelah korban sedikit lengah, pelaku akan mengambilnya barang korban secara pelan-pelan, kemudian kabur.

“Pelaku yang beraksi sendirian ini, berhasil dilacak berdasarkan rekaman cctv dan laporan transaksi kartu kredit korban yang digunakan oleh pelaku. Tim juga bekerja sama dengan Polres Jawa tengah untuk melacak pelaku. Akhirnya tim dapat melacak pelaku yang saat itu menaiki kereta sancaka dg tujuan Surabaya dan ditangkap di stasiun Madiun,” Kata Leo.

Menurut Leo, kejadian pencurian di mall sering kali terjadi. Meskipun relatif kecil dari segi materi tapi kelompok pelaku yang beraksi cukup banyak.

Leo mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan lebih berhati-hati menjaga barang bawaan saat pergi ke mall, tempat2 nongkrong dan tempat lainnya. (ang/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs