Jumat, 26 April 2024

Tol Jombang-Mojokerto Dikebut

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), yang kini bernama Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, tengah mengebut pengerjaan ruas tol Jombang-Mojokerto seksi 2 dan 4 supaya bisa digunakan saat arus mudik Lebaran 2017.

“Sekalipun kemungkinan yang bisa digunakan baru satu jalur,” ujar Anggoro Legowo Direktur Teknik dan Operasi Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Surabaya, Rabu (14/6/2017).

Ia mengemukakan, Tol Jombang-Mojokerto terbagi dalam 4 seksi yaitu seksi 1 dan 3 yang telah beroperasi tahun lalu, sertaseksi 2 dan 4 yang masih dalam proses konstruksi.

“Semua ruas Tol Jombang-Mojokerto sepanjang 40,5 kilometer sudah tersambung sebelum Idul Fitri. Namun, keputusan dapatdifungsikan atau tidaknya seksi 2 dan 4 bukan dari kami, melainkan instansi terkait,” ujarnya.

Ia menjelaskan, selama mudik lebaran 2017 tol Jombang-Mojokerto memiliki Jalur Tol Operasional (JTO) dan Jalur Tol Fungsional.

“Untuk JTO Seksi 1 yang menghubungkan wilayah Jombang bagian tengah yakni Kecamatan Tembelang dengan wilayah batas Kabupaten Jombang sebelah barat Kecamatan Bandarkedungmulyo,” ujarnya.

Kemudian, kata dia, seksi 3 menghubungkan Mojokerto di Kecamatan Jetis dan Mojokerto Barat di Kecamatan Gedeg.

“Sedangkan Jalur Tol Fungsional (JTF), kata dia, untuk seksi 2 menghubungkan Jombang-Mojokerto Barat dan seksi 4 menghubungkan Bandarkedungmulyo atau batas Barat tol Jombang-Mojokerto,” katanya.

Sementara itu, Kepala proyek seksi 2, Samsul Chair mengatakan bahwa jalan jalur fungsional yang disiapkan sudah dalam kondisi rigid.

“Diharapkan jalur ini dapat mengurai kemacetan di by pass Mojokerto dan pertigaan Mengkreng, yang merupakan tempat pertemuan jalur dari tiga wilayah yakni Nganjuk, Kediri dan Jombang,” katanya.

Ia mengatakan, Jalur Tol Fungsional ini rencananya hanya dapat digunakan oleh kendaraan golongan 1, nonbus dan nonbarang.

“Pelaksanaannya dimulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB, atau sesuai kondisi cuaca, serta tidak dikenakan tarif biaya atau gratis,” katanya.

Sedangkan bagi pengguna jalan yang melewati Jalur Tol Operasional, ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto akan memberikan diskon tarif 10 persen khusus untuk pembayaran menggunakan uang elektronik atau e-Money Bank Mandiri.

Diskon tarif ini berlaku mulai H minus 3 sampai Hari Lebaran ke-2 dan H plus 4 sampai H plus 6 setelah Hari Lebaran. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs