Kamis, 16 Mei 2024

Tujuh Tahanan KPK Kompak Acungkan Tiga Jari Usai Nyoblos

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Beberapa tahanan KPK mengikuti pilkada DKI Jakarta putaran kedua pada Rabu (19/4/2017) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 19 Setiabudi yang berlokasi rumah tahanan (rutan) gedung KPK. Foto: Antara

Tujuh orang tahanan KPK kompak mengacungkan tiga jari seusai memberikan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 19 Setiabudi yang berlokasi rumah tahanan (rutan) gedung KPK Jalan HR Rasuna Said kavling C-1 Jakarta.

Ketujuh orang tahanan KPK itu adalah Adami Okta karyawan PT Merial Esa Muhammad, Mohamad Sanusi mantan anggota DPRD DKI Jakarta, Ramapanicker Rajamohanan Nair “Country Director” PT EK Prima Ekspor (EKP) Indonesia, dan Choel Mallarangeng Presiden Direktur PT FOX Indonesia.

Kemudian Fahmi Darmawansyah Direktur Utama PT Merial Esa, Marisi Matondang Direktur PT Mahkota Negara dan Andi Taufan Tiro anggota Komisi V DPR dari fraksi PAN yang kompak menunjukkan tiga jari saat berfoto usai mencoblos.

“Siapapun yang menang, yang penting damai-damai saja,” kata Choel saat akan dibawa kembali ke rutan KPK di Detasemen Pomdam (Denpom) Jaya Guntur, Jakarta tempat mereka ditahan pada Rabu (19/4/2017).

Selain mereka, Patrialis Akbar satu orang tahanan KPK lain yang juga ikut memilih adalah mantan Hakim Konstitusi yang ditahan di rutan KPK kavling C-1.

Tahanan pertama yang memberikan suara adalah Patrialis Akbar yang pada pada pilkada DKI Jakarta putaran pertama tidak menggunakan hak pilihnya. Patrialis tidak mengenakan rompi tahanan KPK warna oranye saat mencoblos.

“Saya hanya memilih satu di antara dua,” kata Patrialis lalu melambaikan tangan dan kembali masuk ke rutan sehingga tidak ikut foto bersama dengan para tahanan dari rutan Guntur.

Selanjutnya adalah Fahmi Darmawansyah Direktur Utama PT Merial Esa yang menjadi terdakwa dalam kasus dugaan suap proyek pengadaan monitoring satelit di Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Saat memberikan suara ia mengenakan rompi oranye, tapi Fahmi tidak berkomentar mengenai paslon pilihannya.

Ketiga adalah terdakwa kasus dugaan korupsi proyek pembangunan, pengadaan, serta peningkatan sarana dan prasarana sekolah olahraga di Hambalang tahun 2010-2012 Andi Zoelkarnaen Mallarangeng alias Choel Mallarangeng yang sejak awal datang ke TPS konsisten menunjukkan tiga jari.

“Hatiku tidak mendua,” kata Choel yang juga mengenakan rompi tahanan sambil tersenyum.

Keempat adalah Marisi Matondang tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan rumah sakit khusus untuk pendidikan tahun anggaran 2009 di Universitas Udayana, Bali.

Kelima Ramapanicker Rajamohanan Nair “Country Director” PT EK Prima Ekspor (EKP) Indonesia yang sudah divonis 3 tahun penjara karena terbukti menyuap pejabat pajak.

Rajamohanan hanya tersenyum simpul sambil menunjukkan jari kelingkingnya yang sudah dicelupkan ke tinta pilkada.

Keenam adalah Mohamad Sanusi, mantan anggota DPRD DKI Jakarta, yang sudah divonis 7 tahun penjara karena menerima suap dalam pembahasan peraturan daerah tentang reklamasi.

“Sudah pasti tahu dong (pilihan saya),” kata Sanusi tersenyum.

Tahanan ketujuh adalah Muhammad Adami Okta karyawan PT Merial Esa, keponakan Fahmi, yang merupakan terdakwa dalam kasus dugaan suap proyek pengadaan monitoring satelit di Bakamla memberikan suara.

Kedelapan, Andi Taufan Tiro anggota Komisi V DPR dari fraksi PAN, terdakwa kasus dugaan suap proyek di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan suara.

“Mau ditalak apa sama anak apa gue?” ungkap Andi Taufan sambil tersenyum dan menunjukkan tiga jari. Tak tampak raut sedih di wajahnya meski ia menghadapi tuntutan 13 tahun dari jaksa penuntut umum KPK dalam kasusnya.

Ahmad Suprayogi Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Setiabudi mengatakan 8 suara dari TPS di KPK akan digabung penghitungannya di TPS 19 Setiabudi.

“Nanti penghitungannya digabung di TPS 19 Setiabudi, ini ada tambahan dari pilkada putaran pertama kemarin yang hanya 7 orang,” kata Ahmad.(ant/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
25o
Kurs