Selasa, 16 April 2024

Dankormar Kunjungi Prajurit Penjaga Pulau Terluar NKRI

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Dankormar kunjungi prajuritnya yang sedang menjaga perbatasan NKRI. Foto: Dispen Kormar

Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr. (Han)., Komandan Korps Marinir (Dankormar) mengunjungi prajurit TNI yang sedang bertugas menjaga batas kedaulatan NKRI di Pulau Batek.

Pulau Batek terletak di Selat Ombai, tepatnya di pantai utara Pulau Timor, posisinya berada di koordinat 09° 15′ 33″ LS dan 123° 59′ 15″ BT.

Pulau ini merupakan salah satu pulau tidak berpenghuni yang masuk wilayah administratif Kabupaten Kupang, tepatnya di Kecamatan Amfoang Timur, Nusa Tenggara Timur, dan berbatasan langsung dengan Distrik Oecusse, Timor Leste.

Untuk menjaga dan mengamankan pulau ini, TNI menempatkan sejumlah personel dari TNI AD dan Korps Marinir TNI AL.

Saat bertemu dan bersilaturahmi dengan prajurit penjaga batas kedaulatan NKRI ini, Dankormar menekankan bahwa mereka adalah garda terdepan NKRI.

“Kalian yang bertugas di sini adalah garda terdepan bangsa yang menjaga batas kedaulatan NKRI. Untuk itu, laksanakan tugas negara yang amat mulia ini dengan baik dan penuh tanggung jawab,” tegas Dankormar, kepada para prajuritnya yang sudah lama meninggalkan keluarga.

Pada bagian lain setelah melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana yang ada, Dankormar berpesan agar prajurit tidak menyerah kepada kondisi yang ada.

“Jangan menyerah dengan segala keterbatasan yang ada, karena ini salah satu dinamika kedinasan dan penugasan yang tentunya sudah sering kalian alami,” lanjut Darkormar.

Setelah mengunjungi prajurit penjaga batas kedaulatan NKRI ini, Dankormar dan rombongan kembali ke Kupang melaksanakan Courtesy Call (CC) ke Komandan Lantamal VII Kupang Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H., di markas Lantamal VII Kupang.

Kunjungan kerja pejabat nomor satu di lingkungan Korps Baret Ungu tersebut didampingi Danrem 161 Wirasakti / Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Asops Dankormar Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto, Kadispen Kormar Letkol Marinir Ali Sumbogo, S.E., dan Koorsmin Kormar Letkol Mar Edi Prayitno. Dankormar dan Rombongan berangkat dari Kupang dengan menggunakan Helly Bell 412 TNI AD EP HA 5162.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs