Jumat, 29 Maret 2024

Dishub Surabaya Tambah Rute Suroboyo Bus

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Suroboyo Bus. Foto: dok suarasurabaya.net

Dinas Perhubungan Kota Surabaya akan menambah rute untuk transportasi massal Suroboyo Bus mulai dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Pakuwon hingga ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

Irvan Wahyudrajad Kepala Dishub Surabaya di Surabaya, Rabu (2/5/2018) mengatakan penembahan rute Suroboyo Bus tersebut setelah pihaknya akan mendapatkan bantuan dua unit bus dari bank swasta di Surabaya.

“Rute dari Unesa ke ITS nantinya akan lewat jalur tengah melalui Jalan HR. Muhammad-Mayjend Sungkono-Dr Soetomo-Raya Darmo langsung menuju ke Moestopo hingga ke ITS,” katanya seperti dilansir Antara.

Selain tambahan dua unit bus, lanjut dia, Dishub secara bertahap juga akan menambah serta memperbaiki fasilitas halte yang sudah ada. Perbaikan serta pembangunan halte dimulai dengan pembuatan halte keberangkatan di Terminal Purabaya.

“Saat ini sedang kami kerjakan. Nantinya halte di Terminal Purabaya, Suroboyo Bus akan berangkat dari terminal kedatangan bus kota yang sebelumnya berangkat dari pintu keluar,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut dia, jumlah penumpang Suroboyo Bus rata-rata perhari meningkat 15 persen sejak dari hari pertama diluncurkan 9 April 2018. Jumlah ini, lanjut dia, diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan gencarnya sosialisasi kepada warga.

Menurut dia, membentuk masyarakat mau berpindah ke transportasi massal bukan perkara mudah, melainkan butuh waktu. Adanya angkutan massal tentunya tidak hanya mengurangi kemacetan, melainkan juga punya nilai ekonomi kota yakni berupa keuntungan mengurangi beban jalan berupa kepadatan.

“Kalau jumlah penumpangnya terus bertambah maka beban jalan berkurang karena banyak warga yang menggunakan transportasi umum dari pada kendaraan pribadi,” katanya. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs