Sabtu, 20 April 2024

KNKT Berhasil Temukan FDR, Bagian dari Black Box

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Tim KNKT berhasil menemukan salah satu black box yang diduga berisi Flight Data Recorder. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Sore ini KNKT berhasil menemukan salah satu black box yang diduga berisi Flight Data Recorder (FDR). Black box tersebut kemudian dibawa oleh Soerjanto Tjahyono Ketua KNKT yang sempat berlayar ke Tanjung Karawang dan saat ini sudah kembali ke Tanjung Priok, Kamis (1/11/2018).

Soerjanto Tjahyono mengatakan sesudah ditemukan black box yang diduga berisi FDR, KNKT masih menunggu data selanjutnya berupa Cockpit Voice Recorder
(CVR) karena kedua hal ini sangat berkaitan dan akan dilakukan investigasi.

“Akhirnya kita hari ini menemukan salah satu dari dua black box yang terpasang di pesawat. Ini kemungkinan besar adalah FDR,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan FDR merupakan black box yang berisi data rekaman mulai dari arah angin, kecepatan, dan arah penerbangan pesawat. Sedangkan VCR sendiri berisi percakapan pilot dan copilot. Juga pembicaraan dengan pihak yang berhubungan dengan tim penerbangan.

Soerjanto Tjahyono juga berharap dengan penemuan black box ini penyebab kecelakaan pesawat dapat segera dipecahkan.

Sementara itu dalam konferensi pers di Tanjung Priok, Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan mengatakan sesudah ditemukannya black box, selanjutnya tim KNKT juga akan melakukan penyelidikan.

Sementara itu saat ini black box yang berhasil ditemukan masih ditempatkan di tempat berisis air agar memorinya tidak rusak. (faz/dim/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
33o
Kurs